nusabali

ART Terpeleset dan Pingsan di Atas Genteng

Proses Evakuasi Berlangsung Dramatis, Kerahkan Alat Berat

  • www.nusabali.com-art-terpeleset-dan-pingsan-di-atas-genteng

DENPASAR, NusaBali
Apes dialami oleh seorang wanita bernama Ni Putu Swandewi, 20.

Wanita yang merupakan Asisten Rumah Tangga (ART) itu terpeleset dari lantai II rumah majikannya di Jalan A Yani Utara, Gang Anugerah 6 Blok B Denpasar Utara, pada Jumat (14/8) siang.  Proses evakuasi pun berlangsung dramatis lantaran kondisi korban dalam keadaan pingsan dan nyangkut di genteng rumah tetangga. Sejumlah petugas pun turun tangan. Bahkan sebuah alat berat harus dikerahkan untuk mengangkat korban.

Kepala Basarnas Denpasar I Gede Darmada mengatakan, musibah yang menimpa ART itu bermula saat dia bekerja di lantai II rumah majikannya. Seperti biasa, dia bersih-bersih rumah dari debu dan kotoran. Namun, saat sedang asik bekerja, tiba-tiba korban terpeleset di lantai dan jatuh. Apesnya, wanita itu terguling dan jatuh di genteng rumah tetangga yang ada tepat di sampingnya. "Saat jatuh, korban ini langsung tidak sadarkan diri. Kemudian, majikannya yang menyadari hal itu langsung melaporkan ke petugas kepolisian dan juga Basarnas Denpasar," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (14/8).

Menurut Darmada, kejadian itu diperkirakan pukul 13.30 Wita. Namun, laporannya masuk ke Basarnas pada pukul 13.45 Wita. Setelah mendapat laporan, tim dari Basarnas Denpasar bergerak dari Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap ART itu.

Dalam melaksanakan evakuasi itu, pihaknya mengerahkan 11 orang personel dengan peralatan evakuasi lengkap ke lokasi. "Kita merespon cepat laporan dari pelapor dengan mengerahkan kekuatan penuh. Sehingga, kita tiba tepat waktu di lokasi dan melakukan upaya penanganan bersama petugas kepolisian," kata Darmada.

Nah, setibanya di lokasi, ternyata sudah ada petugas kepolisian dari Polda Bali dan berusaha melakukan evakuasi dengan menggunakan bantuan peralatan yang ada di mobile crane. Sehingga, pihaknya bersama kepolisian dan petugas BPBD Kota Denpasar melakukan evakuasi secara bersama-sama dan pada pukul 15.10 Wita, korban sudah berhasil diangkat dari atas genteng itu. Selanjutnya dievakuasi menuju Rumah Sakit Bali Med di Jalan Mahendradata, Denpasar dengan menggunakan ambulance BPBD Kota Denpasar. "Jadi kita tidak bergerak sendirian dalam evakuasi, Tim SAR gabungan yang terlibat sebanyak 32 orang, diantaranya dari Samapta Polda Bali, Sat Brimob Polda Bali, Basarnas Bali, Polsek Denpasar, BPBD Denpasar, Disdamkar Badung dan masyarakat setempat. Semuanya terlibat dan berhasil mengevakuasi wanita itu dalam keadaan selamat dan dievakuasi ke rumah sakit untuk penanganan medis," kata Darmada. *dar

Komentar