nusabali

Peduli Lingkungan, Siswa Berburu Sampah

  • www.nusabali.com-peduli-lingkungan-siswa-berburu-sampah

Para siswa SMPN 1 Blahbatuh, Gianyar penuh semangat berburu sampah plastik di sekitar wilayah Blahbatuh, Gianyar, Minggu (2/10).

GIANYAR, NusaBali

Kegiatan berburu sampah plastik ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Masing-masing kelompok siswa menyebar ke radius 2 kilometer dari sekolah untuk mengumpulkan sampah plastik. Kepala SMPN 1 Blahbatuh Anak Agung Gede Oka menjelaskan, kegiatan berburu sampah plastik ini melibatkan para siswa, guru, dan  pegawai. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya memerangi sampah plastik di wilayah Gianyar, sekaligus mengajarakan siswa untuk peduli kepada lingkungan. Kepedulian dari sekolah ini kemudian bisa diterapkan di lingkungan rumah tangga hingga mampu memberikan contoh pada masyarakat luas.

Kata dia, sampah plastik yang terkumpul memang dijual. Namun siswa diajarkan untuk tidak semata-mata melihat nilai rupiah, melainkan nilai kepedualian. "Peduli lingkungan dan hidup bersih yang kami tekankan," ungkap Agung Oka usai berburu sampah bersama para siswa.

Kegiatan berburu sampah plastik juga serangkaian dari kegiatan jeda semester. Waka Kesiswaan SMPN 1 Blahbatuh I Wayan Sadra menambahkan, kegiatan berburu sampah oleh pihak sekolah ini sudah sejak lama dilaksanakan. Setiap bulannya siswa secara bergiliran mengumpulkan sampah-sampah plastik tersebut. Siswa-siswa yang mampu mengumpulkan sampah plastik terbanyak mendapat reward. Sampah yang dikumpulkan didapat dari lingkungan rumah masing-masing. Dengan demikian warga lain bisa dapat contoh dari para siswa.

Kini, sekolah ini sedang mempersiapkan diri untuk verifikasi sekolah Adiwiyata Mandiri 2017. Peduli lingkungan dengan berburu sampah plastik dan kegiatan penghijauan sebagai kegiatan unggulannya. * cr62

Komentar