nusabali

Bantu Petani, Beli Beras Sehat dan Sayuran!

Ketua TP PKK Gianyar Ny. Adnyani Mahayastra

  • www.nusabali.com-bantu-petani-beli-beras-sehat-dan-sayuran

GIANYAR, NusaBali
Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra mengajak para anggota PKK untuk membantu petani.

Salah satu caranya dengan membeli beras dan sayuran organik hasil produksi petani. Hal itu disampaikannya  saat bersama anggota TP PKK Kabupaten Gianyar membeli paket sayuran di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Kamis (16/7).

Surya Adnyani menjelaskan, mengkonsumsi makanan dari bahan organik banyak diminati masyarakat karena jauh lebih sehat. Harga bahan makanan organik memang lebih mahal dari bahan makanan lain sehingga hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu. Kini ada sejumlah petani di Kabupaten Gianyar mulai memasarkan bahan makanan organik dengan harga terjangkau. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan berbagai hasil bumi lainnya. Namun, saat pandemi Covid 19, petani kelimpungan karena tidak bisa memasarkan produk mereka. Untuk membantu petani memasarkan produk, komunitas Daridesaku berusaha membantu petani memasarkan dengan cara daring (dalam jaringan) atau online.

Untuk itu, TP PKK Kabupaten Gianyar membantu memperkenalkan dengan cara membeli terlebih dahulu 30 paket yang terdiri dari beras sehat dalam kemasan 5 kg dan paket sayuran. Saat ini pihaknya baru menyasar ibu-ibu anggota PKK. Selanjutnya, produk petani ini mulai menyasar masyarakat sekalhgus menyosialisasikan bahwa kini banyak petani sudah menanam tanaman secara organik. Surya Adnyani menambahkan, apa yang dilakukan para petani dengan menanam tanaman organik, intinya sama dengan program Hatinya PKK yakni memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran. “Saya harap dimulai dari PKK, dilanjutkan kepada masyarakat untuk konsumsi makanan sehat,” jelas Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Ketua Organiasi/Komunitas Daridesaku IB Mandhara Brasika alias Gus Nara, menjelaskan komunitas ini dibangun saat wabah Covid-19 muncul. Banyak hasil petani yang dibuang karena tidak bisa memasarkan. Maka ada keinginannya bersama rekan-rekan, untuk membantu para petani. Bagaimana menjembatani antara petani dengan konsumen di masa pandemi. Produk yang ditawarkan sayuran, bumbu, buah- buahan, daging ayam, umbi-umbian, minyak tanusan (klentik) dan ikan dengan sistem daring. Beras sehat, papar Gus Nara, masih merupakan pilot projec di Subak Gede Masceti, Gianyar, terdiri dari 20 subak dengan panen 1 hektare di Subak Celuk. Beras ini akan diupayakan persertifikasian organiknya. Kini sudah tersedia 1,5 ton beras panen perdana. Gus Nara mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra. Karena telah mendukung para petani dengan memperkenalkan beras sehat dan sayuran organik kepada masyarakat melalui anggota PKK. *Isa

Komentar