nusabali

Karangasem Dapat Bantuan 750 Unit BSPS

  • www.nusabali.com-karangasem-dapat-bantuan-750-unit-bsps

AMLAPURA, NusaBali
Kabupaten Karangasem dapat bantuan 750 unit perbaikan rumah program BSPS (Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya) dari Kementerian PUPR dan Perumahan Rakyat.

Bantuan per unit Rp 17,5 juta. Bantuan telah direalisasikan kepada warga kurang mampu, rata-rata pengerjaannya mencapai 30 persen.  Kadis Perumahan dan Permukiman Karangasem, I Komang Merta Tanaya, menyebutkan bantuan BPPS menyasar 16 desa di 6 kecamatan di Karangasem. Bantuan tahap I sebanyak 550 unit rumah dan bantuan tahap II sebanyak 200 unit rumah. Bantuan itu berupa perbaikan rumah, bisa juga dana tersebut digunakan untuk membangun rumah dari awal, asalkan penerima bantuan memiliki lahan. Bantuan berupa bahan bangunan yang diperlukan, pengerjaannya diawasi petugas pendamping dari Kementerian PUPR. “Kebanyakan warga menggunakan untuk rehab rumah agar tidak bocor dan layak huni,” kata Merta Tanaya, Senin (8/6).

Terpisah, Perbekel Desa Muncan, Kecamatan Selat, I Wayan Tunas, mengatakan menerima bantuan untuk 100 unit perbaikan rumah. “Realisasinya mencapai 30 persen. Ada yang digunakan untuk rehab rumah, ada juga membangun dari awal,” kata I Wayan Tunas. Perbekel Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, I Gede Pawana, mengaku dapat 100 unit perbaikan rumah. Realisasinya sejak awal Mei. “Di tengah kesulitan begini, warga dapat bantuan perbaikan rumah, kami sangat bersyukur,” kata I Gede Pawana. *k16

Komentar