nusabali

Kempo Bali Matangkan Nomor Embu

  • www.nusabali.com-kempo-bali-matangkan-nomor-embu

Setelah berhasil meloloskan sebanyak 13 nomor ke PON XIX yakni 9 embu (kelas seni) dan 4 randori (tarung), cabor kempo terus menggenjot atletnya untuk bisa bersaing dengan kenshi luar Bali.

DENPASAR, NusaBali

Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali sampai tujuh kali mendatangkan pelatih nasional khusus di nomor embu.

Menurut Ketua Harian Pengprov Perkemi Bali Fredrik Billy, Sabtu (10/9),  mendatangkan pelatih nasional menjadi bagian strategi untuk lebih mematangkan atletnya. “Kami sudah tujuh kali mendatangkan pelatih khusus di embu saja, di nomor randori juga pernah,” ungkap Billy.

Kata Billy, nomor embu terus dimatangkan karena cukup berpelung untuk menyabet medali emas. Rencananya, pelatih itu akan memberikan pelatihan mulai Minggu (11/9) ini. Pelatihan itu diagendakan hingga Selasa (13/9). Nomor embu diakui Billy perlu adanya pematangan, karena sistematis dalam penilaian nanti adalah subjektivitas juri. Bukan siapa yang mampu merobohkan lawan yang menjadi pemenang seperti di nomor tarung atau randori. Namun bagaimana mampu mengumpulkan nilai tertinggi dari hasil dewan juri. “Bali banyak meloloskan nomor embu dan KONI Bali juga menarget bisa membawa pulang 2 emas. Itu target emas dari nomor embu,” terang Billy.‪

Dia berharap para kenshi embu benar-benar menguasai dan menampilkan gerakan yang benar-benar rapi. "Jika ada faktor non teknis, kami bisa protes. Tapi saya minta berjuang maksimal dulu,” harap Billy.

Cabor kempo sendiri akan bertanding menjelang akhir penutupan PON pada 25-27 September. Sedangkan untuk jadwal keberangkatan direncanakan pada 22 September. “Untuk saat ini para kenshi ditekankan pada pematangan fisik, teknik dan mental bertanding,” jelas Billy. *dek‬

Komentar