nusabali

Desa Tri Eka Buana Punya Mobil Ambulans

  • www.nusabali.com-desa-tri-eka-buana-punya-mobil-ambulans

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Tri Eka Buana menjadi desa satu-satunya yang memiliki mobil ambulans.

Pengadaan mobil ambulans untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Mobil ambulans itu dititipkan di Puskesmas Pembantu Desa Tri Eka Buana.  Perbekel Desa Tri Eka Buana, I Ketut Derka, mengatakan rencana pengadaan mobil ambulans dibahas sejak tahun 2018. Baru dianggarkan pada APBDes 2020. Mobil ambulans telah siaga sejak Kamis (14/5). Dikatakan, warga Desa Tri Eka Buana cukup jauh berobat ke Puskesmas Sidemen, RSUD Klungkung, maupun ke RSUD Karangasem. “Memudahkan dapat pelayanan, Pemerintah Desa Tri Eka Buana mengadakan mobil ambulans seharga Rp 271 juta,” ungkap Ketut Derka, Senin (18/5).

Diterangkan, mobil ambulans dilengkapi juga nomor HP. Warga yang membutuhkan bisa menghubungi nomor itu. Sopir mobil ambulans yakni kader pembangunan masyarakat (KPM) Desa Tri Eka Buana, I Wayan Sujana, siap mengantar 24 jam. “Ambulans untuk warga kurang mampu, kami gratiskan. Bagi warga yang mampu tetap bayar sebagai pengganti biaya bahan bakar minyak. Misalnya untuk ke Puskesmas Sidemen bayar Rp 150.000, ke RSUD Klungkung bayar Rp 200.000,” jelasnya.

Mobil ambulans ini rencananya diplaspas pada Sukra Pon Prangbakat, Jumat (22/5) nanti. Pelayanan nantinya ditujukan untuk warga dari Banjar Pungutan, Banjar Telun Wayah Betenan, dan Banjar Telunwayah Duuran yang berpenduduk 2.900 jiwa. Camat Sidemen, AA Made Agung Surya Jaya, mengapresiasi inovasi Desa Tri Eka Buana yang telah mengadakan mobil ambulans untuk kepentingan masyarakat. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cepat bisa terlayani.

Dikatakan, Desa Tri Eka Buana cukup jauh menuju Puskesmas Sidemen. Sedangkan jalur menuju desa tersebut tidak ada angkutan umum. “Salah satu prioritas pembangunan untuk kepentingan masyarakat adalah bidang kesehatan, sangat tepat jika adanya pengadaan mobil ambulans,” jelas Camat Sidemen, AA Made Agung Surya Jaya. Sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat lebih cepat. Apalagi melayani warga yang sedang sakit membutuhkan waktu cepat menuju Puskesmas Sidemen. *k16

loading...

Komentar