nusabali

9 Kapolda Dimutasi, Irjen Golose Aman

Dir Reskrimum, Dir Pamobvit dan Kapolres Klungkung Bergeser

  • www.nusabali.com-9-kapolda-dimutasi-irjen-golose-aman

Jabatan Kapolres Klungkung yang dijabat AKBP I Komang Sudana juga bergeser ke pejabat yang baru yaitu AKBP Bima Aria Viyasa yang sebelumnya menjabat Koorsprepim Polda Bali.

DENPASAR, NusaBali

Gerbong mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di tubuh Polri kembali bergulir. Meski ada 9 Kapolda yang digeser, namun jabatan Kapolda Bali yang disandang Irjen Petrus Reinhard Golose sejak 2016 lalu masih aman. Khusus di Polda Bali, beberapa jabatan utama pindah tangan, diantaranya jabatan Dir Reskrimum, Dir Pamobvit dan Kapolres Klungkung.

Mutasi besar-besaran ini tertuang dalam TR Kapolri Nomor: ST/1378/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Dalam TR tersebut, ada 9 Kapolda dan jabatan penting lainnya yang digeser.

Diantaranya, Kapolda Jawa Timur, Kapolda Jawa Tengah, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Bengkulu, Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Kepulauan Riau, Kapolda Kalimantan Selatan dan Kapolda Sulawesi Selatan.

Sementara Kapolda Bali, Irjen Petrus R Golose yang sudah 3,5 tahun memegang tongkat komando di Pulau Dewata ini masih aman. Jenderal asal Manado kelahiran 27 November 1965 sebenarnya digadang akan mengisi jabatan Kepala BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris) menggantikan Komjen Suhardi Alius. Namun dalam TR Kapolri kemarin, jabatan BNPT diisi Irjen Boy Rafli Amar.

Sementara itu, di Polda Bali ada beberapa jabatan penting yang berganti nahkoda. Jabatan Dir Reskrimum yang sebelumnya dijabat Kombes Andi Fairan diganti Kombes Dodi Rahmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Narkoba Polda Sulteng. Kombes Andi Fairan akan menjabat sebagai Irwasda Polda Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Dir Pamobvit yang sebelumnya dijabat Kombes Didi Hardi Sopandi akan diisi Kombes Hari Sindhu Nugroho yang sebelumnya menjabat Kabidkum Polda Riau. Kombes Didi akan mengisi jabatan barunya sebagai Kepala Kepala SPN Polda Jateng.

Jabatan Kapolres Klungkung yang dijabat AKBP I Komang Sudana juga bergeser ke pejabat yang baru yaitu AKBP Bima Aria Viyasa yang sebelumnya menjabat Koorsprepim Polda Bali. Sementara AKBP Sudana akan menjabat Kabag Wassidik Dit Reskrimum Polda Bali.

Jabatan lain yang diganti yaitu Kabid Keuangan Polda Bali dari AKBP Endang Rukandi yang akan menjabat Kabid Keuangan Polda Banten. Posisinya diganti Kombes Andi Mayangkara yang sebelumnya bertugas di Polda Malut.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Syamsi yang dikonfirmasi belum memberikan jawaban terkait TR mutasi di Polda Bali ini. Sementara itu, Dir Reskrimum Polda Bali, Kombes Andi Fairan yang dikonfirmasi mengucapkan terima kasih atas dukungan selama menjabat selama 2 tahun sejak April 2018 lalu. “Terima kasih atas dukungannya selama ini,” ujar pejabat asal Bugis ini. *rez

loading...

Komentar