nusabali

Akhiri Masa Karantina, 154 PMI Tes Swab

Kesehatan PMI terus dikontrol, terutama cek suhu tubuh.

  • www.nusabali.com-akhiri-masa-karantina-154-pmi-tes-swab

AMLAPURA, NusaBali
Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem rencanakan tes swab kepada 154 PMI (Pekerja Migran Indonesia) di akhir masa karantina.

Tes swab ini untuk memastikan kondisi PMI sebelum dipulangkan ke kampung masing-masing. Sebanyak 154 PMI ini dikarantina di empat hotel. Sampel lendir hidung dan tenggorokan PMI diperiksakan di rumah sakit kawasan Denpasar.    

Koordinator Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan sesuai SOP setiap PMI wajib dites swab untuk mengetahui hasil akhir sebelum dipulangkan ke kampungnya masing-masing. Sehingga masyarakat di kampung PMI merasa nyaman, tidak ada kekhawatiran dan rasa waswas atas kedatangan PMI. Sebanyak 154 PMI yang akan dites swab dikarantina di empat hotel.

Sebanyak 21 PMI menjalani karantina di Hotel Ramayana Candidasa, Banjar Subagan, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis. 27 PMI dikarantina di Hotel Nirwana, Banjar Mendira, Desa Sengkidu, 49 PMI di Vila Taman Surgawi, Banjar Beok, Desa Tumbu, dan 57 PMI dikarantina di Hotel Eden, Kuta, Badung. “Tes swab dengan mengambil sampel lendir di hidung atau di tenggorokan. Diperiksakan di empat rumah sakit di Denpasar. Hasilnya ditunggu 24 jam,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, Selasa (21/4).

Ditambahkan, PMI yang paling pertama datang dan dikarantina di Hotel Ramayana Candidasa, Kamis (16/4), masih menunggu cukup lama dites swab. Terpisah, Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, menambahkan PMI yang dikarantina di empat hotel terus dikontrol kesehatannya, terutama cek suhu tubuh. Tiap pagi melakukan senam sambil berjemur. Di tempat karantina mereka tetap jaga jarak. Misalnya di Vila Taman Surgawi, Banjar Beok, Desa Tumbu, sebanyak 49 PMI setiap pagi diwajibkan senam. *k16

Komentar