nusabali

Badung Siapkan Tambahan Hotel Sebagai Rumah Singgah

Antisipasi Meningkatnya Kepulangan PMI

  • www.nusabali.com-badung-siapkan-tambahan-hotel-sebagai-rumah-singgah

MANGUPURA, NusaBali
Mengantisipasi bertambahnya kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan mahasiswa Badung yang pulang dari luar negeri, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Badung langsung gerak cepat dengan menyiapkan tambahan hotel di kawasan Kuta untuk dijadikan sebagai rumah singgah.

Untuk memastikan tambahan rumah singgah terpusat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Wabup Suiasa melakukan peninjauan langsung ke lokasi, Jumat (17/4) kemarin. Dalam peninjauan tersebut, Wabup Suiasa didampingi langsung Kadiskes Badung dr I Nyoman Gunarta, Kadiskominfo IGN Jaya Saputra dan Kabag Humas Made Suardita.

Wabup Suiasa mengatakan, pemerintah daerah saat ini merancang penambahan fasilitas akomodasi. Untuk itulah, kata dia, peninjauan dilakukan untuk memastikan bahwa hotel tersebut siap ketika dibutuhkan. “Saat ini kita telah siapkan hotel yang kedua di wilayah Kuta dengan 134 kamar sebagai tempat rumah singgah PMI dan mahasiswa asal Badung serta 25 kamar untuk tenaga medis pendamping dari Dinas Kesehatan maupaun dari Satpol PP,” katanya.

“Nantinya dengan skema penanganan yang sama saat sampai di pintu masuk Bali, PMI langsung diarahkan untuk diperiksa petugas medis secara komprehensif. Apabila dari hasil tes medis tersebut ada PMI yang terindikasi positif Covid-19, maka akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan PMI yang hasil testnya negatif kita langsung arahkan ke hotel tempat karantina,” terang Wabup Suiasa.

Pejabat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha hotel karena sudah ikut bersinergi untuk turut serta dalam memberikan perawatan yang diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. “Atas partisipasi pengusaha lokal kita diberikan kesempatan untuk menitipkan dan menempatkan PMI kita di hotel ini. Tentu atas nama pemerintah dan masyarakat kami berterimakasih dan memberiku apresiasi kepada pengusaha pemilik dan manajemen hotel,” imbuhnya.

Masih menurut Wabup Suiasa, dengan adanya tambahan rumah singgah yang tersentralisasi, pemerintah daerah ingin memberikan jaminan dan keyakinan kepada semua pihak masyarakat agar tidak ada keraguan dan kekhawatiran, karena PMI juga manusia biasa yang sama dengan yang lainnya. Masyarakat diminta untuk jangan apriori dan memberikan stigma negatif kepada para PMI karena setiap orang memiliki potensi yang sama tertular Covid-19. “Saat ini secara total kami sudah memiliki 198 kamar tempat isolasi bagi PMI dan mahasiswa, nanti untuk kebutuhannya kita sesuaikan dengan perkembangan di lapangan karena potensi PMI Badung berjumlah 500 orang,” ungkapnya.

Wabup Suiasa, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan semua elemen krama Badung dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga Pemkab Badung menjadi lebih semangat melakukan aksi dan langkah langkah konkrit mitigasi penanggulangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Badung dan selalu berusaha melindungi keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Badung. *asa

Komentar