nusabali

Giri dan Sudiana Diadu Debat Malam Ini

  • www.nusabali.com-giri-dan-sudiana-diadu-debat-malam-ini

Debat kandidat Calon Bupati/Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Badung akan digelar perdana di Hotel The Trans Jalan Sunset Road, Seminyak, Kuta, Badung, Sabtu (14/11) sore ini sekitar pukul 18.30 Wita. 

MANGUPURA, NusaBali
Debat rencananya akan ditayangkan secara langsung melalui tiga stasiun televisi lokal di Bali. Untuk menghindari massa berdatangan ke lokasi debat publik, KPU Badung membatasi masing-masing calon membawa pendukung maksimal hanya 25 orang.

Pada debat pertama ini, KPU Badung hanya akan menguji calon bupatinya saja, yakni antara Calon Bupati (Cabup), Nyoman Giri Prasta melawan Cabup Made Sudiana. Sementara para wakilnya tidak akan diuji, namun mereka hanya mendampingi. Pasalnya, KPU menyiapkan debat khusus untuk para calon wabup (Cawabup). Rencana para Cawabup diuji pada 18 November 2015 mendatang. Dan debat terakhir tanggal 25 November akan mempertemukan Cabup dan Cawabup sekaligus dengan membicarakan isu menyeimbangkan pembangunan daerah.

Ketua KPU Badung, AA Gede Raka Nakula, Jumat (13/11) mengatakan tiga jadwal debat yang telah dijadwalkan mengusung tema berbeda. Untuk cabup (debat pertama) mengusung tema ‘Peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai kemajuan kabupaten Badung melalui pembangunan yang berbasis Tri Hita Karana’.“Tema tiga debat ini berbeda-beda. Para kandidat juga akan diuji langsung oleh lima panelis yang kita didatangkan dari para akademisi dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan debat ini, menurut Nakula sudah menjadi hasil rapat koordinasi antara KPU Badung dengan tim kedua pasangan calon. Debat publik pun, imbuh Nakula, akan disiarkan langsung di tiga stasiun TV lokal agar masyarakat punya bayangan dalam memilih.

Debat publik akan disiarkan live di tiga stasiun televisi lokal, yakni TVRI Bali, Kompas TV Dewata dan Bali TV. Jadi masyarakat bisa menyaksikan di rumah masing-masing,” kata pria asal Gianyar tersebut. Demi aman dan lancarnya debat para cabup ini, pihak KPU menyiapkan pengamanan ekstra dengan melibatkan aparat kepolisian dan petugas pengamanan hotel. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan para undangan bahkan sangat dibatasi. Masing-masing paslon hanya dibolehkan membawa 25 orang pendukung ke dalam ruangan debat. 

“Undangan kita sangat batasi. Total hanya untuk 100 orang.  Jatah per paslon 25 orang ditambah undangan KPU 50 orang,” jelasnya. Pada bagian lain, untuk kampanye terbuka KPU Badung hanya membolehkan sekali menggelar kampanye terbuka per paslon. Untuk paslon 1 kampanye umum akan dilaksanakan tanggal 22 November, sedangkan paslon 2 dilaksanakan tanggal 29 November. 

Selanjutnya...

Komentar