nusabali

Dinas PKP Siapkan Peremajaan Pohon

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-siapkan-peremajaan-pohon

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli merancang peremajaan tanaman di kebun percontohan di Banjar Lumbuan, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli.

Pohon di kebun perontohan sudah tua, berdampak pada hasil panen. Kebun percontohan merupakan unit penghasil retribusi. Kepala Dinas PKP Bangli, Wayan Sarma mengatakan sebelum dihibahkan pada tahun 2016, kebun percontohan milik Dinas Pertanian Provinsi Bangli. “Luas lahan kebun percontohan 1 hektare,” jelas Wayan Sarma, Selasa (3/3). Lahan seluas itu ditanami pohon cengkih dan kopi robusta. Empat petugas dikerjakan untuk merawat kebun. “Petugas yang merawat tanaman mulai dari pembersihan lahan hingga pemupukan,” imbuhnya.

Sebagai objek penghasil retribusi, di tahun 2020 pendapatan kebun percontohan ditarget sebesar Rp 7,6  juta. Dikatakan, 42 pohon cengkih sudah berumur sehingga berpengaruh terhadap produksi. “Usia pohon cengkih rata-rata di atas 20 tahun sehingga jarang sekali berbunga,” terang birokrat asal Desa/Kecamatan Tembuku Bangli ini. Sarma menegaskan, pohon kopi masih bagus. Pencapaian target pendapatan hanya mengandalkan dari penjualan biji kopi. “Untuk pergantian perlu anggaran untuk pengadaan bibit. Kemungkian tahun depan baru bisa terlaksana,” terangnya.

Sarma mengatakan, tanaman holtikultura rentan terserang penyakit busuk batang saat musim penghujan. Dia mengajak petani untuk tetap menjaga kebersihan lahan serta menjaga kebersihan saluran air. “Hindari lahan sampai tergenang air dan bersihkan lahan dari tanaman menghalangi cahaya sinar matahari,” pesannya. *esa

Komentar