nusabali

UMKM Diajak Manfaatkan Digital Tembus Pasar Global

  • www.nusabali.com-umkm-diajak-manfaatkan-digital-tembus-pasar-global

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produknya sehingga mampu menembus pasar global.

DENPASAR, NusaBali

"Kami mengajak para UMKM untuk memanfaatkan pasar digital (e-commerce), karena dengan pemasaran tersebut jauh lebih efektif untuk bisa menembus pasar dunia," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim, Kemkominfo, Septriana Tangkary, di sela DigiTalk "Pasar Digital Lokal Raih Peluang", di Denpasar, Selasa (4/2).

Septriana menjelaskan UMKM saat ini yang masuk pasar ekonomi digital lebih dari 18 persen, yang mayoritas menggunakan media sosial, seperti whatsapp group, facebook dan lainnya.

"Pasar digital cukup berpeluang besar di tengah kemajuan ilmu dan teknologi secara global. Bahkan untuk membuat toko digital sangat mudah persyaratannya. Saat ini pemerintah memiliki program itu," ujar Septriana.

Septriana mengatakan melalui program pemerintah "Delapan Juta UMKM", diharapkan produk-produk lokal mampu menembus pasar internasional.

Sementara Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan UMKM di Denpasar memiliki peluang besar dipasarkan lewat pasar online (e-commerce). Karena itu para UMKM harus terus berbenah dan mampu bergabung dalam pasar "online".

"Tantangan bagi UMKM di Denpasar adalah bagaimana mampu menembus pasar 'online' itu. Caranya para UMKM mampu bergabung dalam jaringan pasar 'online'," kata Walikota Rai Mantra.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan UMKM di Denpasar dari pengamatannya cukup banyak terdaftar atau masuk pasar "online". Bahkan ada makanan produk lokal dan tempatnya masuk gang, bisa dipesan lewat aplikasi "online".

"Ini artinya UMKM di Denpasar sudah banyak memasarkan produknya lewat 'online'. Saya harapkan UMKM yang belum masuk ke pasar berjaringan untuk segera bisa bergabung kesana. Dengan harapan UMKM Denpasar mampu menembus pasar internasional. Ini sebuah tantangan besar dalam memasarkan produk. Jika tidak mengikuti perkembangan IT dalam memasarkan produk maka akan tertinggal," kata Rai Mantra. *ant

Komentar