nusabali

Usai Libur Nataru, Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali

  • www.nusabali.com-usai-libur-nataru-wisatawan-mulai-tinggalkan-bali

Wisatawan yang sebelumnya menghabiskan libur akhir tahun di Pulau Bali, secara berangsur-angsur mulai meninggalkan Bali.

MANGUPURA, NusaBali
Ini terlihat dari meningkatnya jumlah keberangkatan dari Terminal Mengwi yang berbanding terbalik dengan jumlah kedatangan.

Berdasarkan data dari pihak Terminal Mengwi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, peningkatan jumlah keberangkatan telah nampak sejak tanggal 1 Januari 2020. Total ada 2.576 penumpang yang berangkat dari terminal menuju kota-kota besar khususnya di Pulau Jawa. Penumpang sebanyak itu diangkut menggunakan 79 bus. Sementara pada hari yang sama, jumlah penumpang yang datang hanya sekitar 719 orang dengan 32 bus.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi pada tanggal 2 Januari 2020. Total penumpang berangkat dari Terminal Mengwi mencapai 2.574 orang. Mereka diangkut sebanyak 81 bus. Sementara dihari yang sama pula jumlah kedatangan hanya 1.443 penumpang yang diangkut dengan 62 bus.

Koordinator Terminal Mengwi Cok Agung Suarmaya, mengakui sebagian besar masyarakat yang berlibur di Pulau Dewata mulai meninggalkan Bali. Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah keberangkatan di terminal tipe A satu-satunya di Bali. “Mereka sebelumnya berlibur ke Bali, dan mungkin sekarang akan pulang,” katanya, Jumat (3/1) kemarin.

Suarmaya memprediksi dalam beberapa hari kedepan jumlah keberangkatan tetap akan tinggi jika dibandingkan dengan kedatangan. “Saya rasa sampai tanggal 6 Januari 2020, masih tinggi jumlah keberangkatan dari Terminal Mengwi. Setelah tanggal 6 Januari 2020, mungkin sudah kembali normal baik keberangkatan maupun kedatangan,” tandasnya.

Secara keseluruhan, selama pembukaan Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Terminal Mengwi telah melayani sedikitnya 65.837 penumpang. Jumlah ini terhitung dari 19 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020. Rinciannya, total penumpang yang berangkat sebanyak 34.372 orang yang diangkut sebanyak 1.178 bus. Sementara yang datang sebanyak 31.465 penumpang yang diangkut sebanyak 1.086 bus. *asa

loading...

Komentar