nusabali

Tiga Palinggih Beratap Ijuk Terbakar

  • www.nusabali.com-tiga-palinggih-beratap-ijuk-terbakar

Tiga palinggih beratapkan ijuk di Pura Dalem, Desa Adat Batuyang, Desa Batubulan Kangin, Kecamatan Sukawati, Gianyar, terbakar, Rabu (3/8) sekitar pukul 11.00 Wita.

GIANYAR, NusaBali

Dugaan sementara, kebakaran dipicu percikan api dari pembakaran sampah di sebelah timur pura. Warga pun memadamkan api dengan peralatan seadanya, sembari menunggu petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Gianyar.

Informasi dilokasi, bangunan yang terbakar yakni Gedong Palinggih Sasuhunan, Palinggih Batara Yama, dan Bale Pelik. Sekitar pukul 11.00 Wita, seorang warga Ni Made Budawati,31, sedang melintas. Ia melihat percikan api sudah ada di bagian atap salah satu palinggih Pura Dalem yang beratapkan ijuk. Melihat kejadian tersebut ia menyampaikan kepada warga sekitar.

Kejadian tersebut juga disampaikan kepada Jro Mangku Dalem dan Bendesa Adat Batuyang. Warga dengan cepat memadamkan api meski dengan pelaratan sederhana. Sekitar pukul 11.15 Wita, dua  unit mobil PMK Gianyar tiba di lokasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar Anak Agung Oka Digjaya mengatakan, saat kejadian petugas Damkar dan warga bersama-sama memadamkan api. Kata dia, karena bangunan sebagian besar beratapkan ijuk, maka sangat mudah terbakar. Petugas PMK bersama warga dengan cepat memadamkan api agar tidak menjalar pada bangunan lain. "Selang waktu 30 menit, api bisa dijinakkan," ungkap Digjaya. Sementara itu, Kapolsek Sukawati AKP I Wayan Wisnawa MSi, saat dikonfirmasi mengungkapkan, diduga api muncul dari percikan api pembakaran sampah tidak jauh dari areal pura.

Dikatakan, keterangan dari beberapa saksi di sekitar lokasi bahwa sekitar pukul 09.00 Wita di sebelah timur Pura Dalem ada kegiatan pembersihan semak-semak dengan cara dibakar. Rencana lokasi tersebut dibuat proyek berupa senderan. "Sebelum senderan tersebut dikerjakan dilakukan pembersihan semak-semak oleh buruh dengan cara membakar," terang AKP Wisnawa. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran ini mencapai Rp 150 juta. * cr62

Komentar