nusabali

Gambarkan Dualitas Kehidupan, Antara Bali Pamerkan Foto 'Rwa Bhineda'

  • www.nusabali.com-gambarkan-dualitas-kehidupan-antara-bali-pamerkan-foto-rwa-bhineda

Dualitas mewarnai kehidupan. Dua hal yang berbeda, sesungguhnya tidak bisa dilepaskan satu dengan yang lain.

DENPASAR, NusaBali

Inilah yang coba digambarkan dalam pameran foto jurnalistik bertema ‘Rwa Bhineda’ serangkaian HUT ke-82 Antara Bali di kantor setempat, Kamis (12/12).

Pameran foto tersebut dibuka dengan ditandai penandatanganan pada foto utama oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Wayan Suarjana dan Konsul Jenderal RRT di Denpasar, Gou Haodong. Ada 45 foto tunggal dan dua foto bercerita yang ditampilkan. Seluruh foto yang dipamerkan merupakan hasil jepretan tiga fotografer Antara Biro Bali yakni Nyoman Budiana, Naufal Fikri Yusuf dan Nyoman Hendra Adhi Wibowo.

Menurut Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali, I Wayan Suarjana, foto-foto yang ditampilkan mengingatkan bahwa dua hal yang berbeda sifat atau kontradiktif tidak bisa kita lepaskan dalam hidup ini. Sekaligus mengandung pesan agar umat manusia ingat dan eling dalam bertindak.

“Kalau melihat foto, kita pun menjadi ingat sejarah. Dengan mengisahkan dalam foto, jadi mengingatkan kita semua untuk mengubah mindset atau pola pikir kita yang tidak baik menjadi baik, dari yang tidak lurus menjadi lurus,” ujarnya.

Tema Rwa Bhineda menggambarkan peristiwa yang bermakna kesedihan. Misalnya mantan Wagub Bali Ketut Sudikerta ketika akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Denpasar karena terganjal kasus hukum dan mantan Ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra yang sedang digiring ke ruang tahanan Polda Bali, hingga kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Regional Sarbagita, Suwung, Denpasar.

Sedangkan foto yang menampilkan kebahagiaan diantaranya penyambutan pelatih Bali United oleh para suporter saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali karena menempati puncak klasemen Liga I Indonesia 2019, kemudian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang terlihat tertawa usai dikukuhkan menjadi Ketua Umum dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, hingga ribuan pelajar membentangkan Bendera Merah Putih raksasa saat kegiatan Millenial Road Safety Festival yang digagas Polda Bali.

Sementara Kepala LKBN Antara Biro Bali, Edy M Ya'kub mengatakan, HUT ke-82 Antara dilaksanakan dengan format ‘simakrama’ setiap setahun sekali setiap HUT untuk mengembangkan budaya tatap muka. Setahun terakhir, kata Edy, Antara tetap menjalin hubungan dengan media massa di Bali yang kini mencapai belasan media, namun  juga menguatkan hubungan dengan pemerintah dan masyarakat melalui pemberitaan, foto, pameran foto, pelatihan jurnalistik, media partner, media visit, dan magang. *ind

loading...

Komentar