nusabali

GenBI Bali Bakti Sosial di Pura Batukaru Tabanan

  • www.nusabali.com-genbi-bali-bakti-sosial-di-pura-batukaru-tabanan

Wujud nyata kepedulian masyarakat, terutama generasi muda yang positif dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

DENPASAR, NusaBali
Lebih 50 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) melakukan Bakti Sosial  Peduli Rumah Ibadah 2019  di kawasan suci  Pura Batukaru, Desa Wongaya Gede Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Minggu (10/11/2019). Mahasiswa penerima beasiswa BI tersebut atau Generasi Baru Indonesia (GenBI)  melakukan bersih-bersih sehubungan dengan persiapan Karya Agung di Pura Kahyangan Jagat Batukaru pada Januari 2020.

Kegiatan diawali dengan maresik atau bersih-bersih  di areal Pura Batukaru, dengan menyapu  areal dalam dan halaman pura dan areal parkir. Selain itu GenBI memberikan tempat sampah dan tenaman langka. Hal itu sebagai bentuk dukungan pada kawasan suci, supaya tetap bersih dan terjaga. Adapun jenis tanaman langka yang ditanam di antaranya genitri, gaharu,sentul, nagasari, rijasa, klecung, jeleket, timbul, cempaka kuning, nyuh bulan, nyuh gading, delima putih, kepundung, sandat Bali dan cempaka gondok. Total tidak kurang 100 tanaman langka ditanam dalam  Bakti Sosial Peduli Rumah Ibadah tersebut. Kegiatan juga diikuti sekitar 400 orang siswa SD dan SMP,

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyatakan pentingnya menjaga lingkungan suci pura terutama sumber mata air suci yang terdapat di Pura Batukaru. "Ini sebagai salah satu wujud nyata kepedulian masyarakat, terutama generasi muda yang positif dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan," ujar Wabup Sanjaya.

Dikatakan Sanjaya menegaskan penting bagi kita semua untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik yang sulit terurai. "Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya," ujar Sanjaya. Kegiatan juga dihadiri berbagai kalangan di antaranya dari Pemprov  Bali.

Untuk diketahui GenBI Provinsi Bali merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia  yang berasal dari tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas).  *k17

loading...

Komentar