nusabali

Siswa SMP 1 Singaraja Peringati Hari Anak Intrernasional

  • www.nusabali.com-siswa-smp-1-singaraja-peringati-hari-anak-intrernasional

SMPN 1 Singaraja yang menjadi salah satu sekolah rujukan nasional melaksanakan kegiatan Belajar Sehari di Luar Kelas.

SINGARAJA, NusaBali

Kegiatan Sehari di Luar Kelas pada Kamis (7/11/2019) dirangkaikan dengan peringatan Hari Anak Internasional yang jatuh pada 20 November 2019.  Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Kepala SMPN 1 Singaraja Dra Ni Putu Karnadhi, mengatakan program Sehari Belajar di Luar Kelas merupakan pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA). Program ini pun diyakini dapat meningkatkan konsentrasi anak dalam proses pembelajaran yang tidak monoton dan mendapatkan suasana baru. “Seluruh sekolah yang telah mendeklarasikan diri sebagai Sekolah Ramah Anak wajib melaksanakan  Out Class Day atau Sehari Belajar di Luar Kelas. Ini penting bagi mereka untuk merefres minat belajar dengan suasana yang berbeda sehingga tidak membosankan,” jelas Karnadhi.

Jelas dia, SMPN 1 Singaraja selama belajar di ruang kelas melaksanakan tujuh belas macam kegiatan. Mulai dari membaca buku pelajaran maupun fiksi/non fiksi, bermain permainan tradisional, bernyanyi bersama, senam sehat, hingga melakukan simulasi kebencanaan seperti gempa. Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas ini pun memberikan dampak yang baik bagi siswa. Siswa menjadi lebih aktif, konsentrasi belajar meningkat serta lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Menurut Karnadhi, kegiatan Out Class Day ini memberikan dampak yang positif bagi siswa. Setelah melakukan aktivitas yang menyenangkan di luar kelas, siswa yang kembali mengikuti pelajaran di dalam kelas lebih konsentrasi dan memiliki semangat baru untuk menerima pelajaran yang diberikan. Namun seluruh kegiatan tetap mendapat pengawasan oleh guru dan kepala sekolah.*k23

loading...

Komentar