nusabali

Gemarikan Perbaiki Kualitas Makanan

  • www.nusabali.com-gemarikan-perbaiki-kualitas-makanan

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 dipadukan pelaksanaan Gebyar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Kabupaten Klungkung dilaksanakan di Balai Masyarakat Desa Tohpati, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Kamis (31/10) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Hadir Sekda Klungkung I Gede Putu, Ketua Forikan Klungkung Ny Ayu Suwirta dan pihak terkait. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung I Wayan Durma mengatakan peringatan Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober 2019, ini bertema "Kita Ciptakan Generasi yang Sehat dan Cerdas di Kabupaten Klungkung". Harapannya, melalui Gemarikan dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi ikan. Acara diisi dengan pelatihan mengolah ikan secara baik dan bermutu untuk masyarakat Klungkung terutama ibu-ibu PKK. Sosialisasi Gemarikan juga dilaksanakan di SD tiap kecamatan dan bimtek olahan hasil perikanan di setiap desa.

Sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dibacakan Sekda Winastra mengharapkan agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman yang berbasis sumber daya local. Gerakan Gemarikan bertujuan membangun gizi individu maupun kolektif masyarakat.

Sasaran yang ingin dicapai dalam Gebyar Gemarikan ini yakni pengenalan sejak dini pada anak-anak usia sekolah untuk menanamkan kecintaan terhadap makanan atau menu serba ikan. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, pengolahan dan pemasaran menghasilkan produk-produk perikanan yang bermutu dan berkualitas.

Sekda Winastra juga mengajak masyarakat Klungkung untuk mendukung Gebyar Gemarikan. Gebyar ini juga untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul serta berupaya mengembangkan produk produk olahan serba ikan yang bermutu. *wan

Komentar