nusabali

Hutan Taman Kota di TPA Blahpane Mulai Digarap

  • www.nusabali.com-hutan-taman-kota-di-tpa-blahpane-mulai-digarap

Tukad mati atau jurang di wilayah Banjar Blahpane, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, sempat menjadi TPA liar.

GIANYAR, NusaBali

Tempat ini dirancang menjadi hutan taman kota oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra. Minggu (6/10), tampak beberapa truk menguruk lahan bekas TPA tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra membenarkan pengurukan tersebut sesuai perintah Bupati Gianyar untuk menjadikan TPA liar ini hutan taman kota. ‘’Sekarang proses pengurukan lokasi oleh rekanan sedang dilakukan," jelasnya.

Kata dia, hutan taman kota yang akan dibuat tidak hanya untuk penanaman pohon, namun juga ditata sebagai hutan taman kota yang representatif bagi masyarakat . "Kami akan jadikan hutan taman kota yang indah  sehingga tampilan wilayah Banjar Blahpane, Desa Sidan, menjadi lebih menarik, terlebih dekat Objek Wisata Taman Nusa," ujarnya.

Kujus Pawitra mengakui hutan taman kota ini akan menambah wilayah tutupan lahan atau hijauan di Kabupaten Gianyar. Dia mengakui, selama ini Gianyar masih minim taman hutan kota. Sebelumnya, sudah dibangun kebun raya di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan oleh Pemkab Gianyar, tetapi masih perlu upaya pembuatan tutupan lahan. *nvi

Komentar