nusabali

WISH Festival Hadirkan 24 Lembaga Pendanaan Beasiswa

  • www.nusabali.com-wish-festival-hadirkan-24-lembaga-pendanaan-beasiswa

LPDP siap majukan SDM Indonesia untuk generasi emas tahun 2045 mendatang. 

DENPASAR, NusaBali.com
World Indonesia Scholarship (WISH) Festival hadir di Bali setelah sebelumnya menjajal 17 kota lainnya di Indonesia. Bertempat di Kampus Institut Seni Indonesia Denpasar pada Sabtu (5/10/2019), acara ini digelar oleh Mata Garuda, sebuah organisasi berkumpulnya alumni dan awardee penerima beasiswa kuliah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan para scholarship hunter, awardee, komunitas/ organisasi, lembaga penyedia beasiswa, lembaga pendidikan (dalam dan luar negeri), kedutaan asing, pemerintah hingga institusi yang peduli terhadap beasiswa dan pendidikan di Indonesia.

Selain menghadirkan seminar dan talkshow, pada acara ini juga terdapat Scholarship & Education Expo, di mana peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi dengan beasiswa bisa berkonsultasi di 24 booth lembaga pendanaan beasiswa kuliah. Pada kesempatan ini, hadir Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai salah satu lembaga penyedia beasiswa yang banyak diminati oleh pencari beasiswa. 

LPDP sendiri merupakan lembaga penyedia beasiswa bagi mahasiswa program studi S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri. Saat ini, LPDP telah sukses memberikan beasiswa kepada 20.870 mahasiswa dengan jumlah alumni sebanyak kurang lebih 8.740 orang. Di Bali sendiri, terdapat kurang lebih 320 awardee dan alumni beasiswa LPDP. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya minat mahasiswa asal Bali yang cukup signifikan. 

Pemberian beasiswa LPDP ini tentu saja seiring dengan harapan, bahwa mahasiswa yang nantinya lulus akan turut berkontribusi di tanah air. “Alumni kita kontrak untuk kembali ke Indonesia. Jika masuk beasiswa melalui institusi TNI/Polri, mereka akan kembali ke institusinya masing-masing. Tapi jika melalui jalur yang lain, mereka bisa mengabdi dengan menjadi entrepreneur, memasuki institusi privat, LSM, dan lain sebagainya. Bebas, yang penting kembali ke Indonesia untuk mengabdikan dirinya,” ujar Tri Susilo, Corporate Secretary LPDP. 

LPDP sendiri memiliki visi untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar kualitas masyarakat di Indonesia tak tertinggal jauh dari negara-negara ASEAN lainnya. “Kita harapkan untuk support Indonesia menjadi Top 7 in The World dari segi SDM di generasi emas tahun 2045 mendatang. Jadi kita meningkatkan human developmentnya karena doktoral kita masih jauh tertinggal dibandingkan Singapura, Thailand dan Malaysia,” lanjut Tri Susilo. *yl

Komentar