nusabali

Festival Agribisnis Hilirisasi Produk Pertanian

  • www.nusabali.com-festival-agribisnis-hilirisasi-produk-pertanian

Festival Agribisnis merupakan hilirisasi dari produk pertanian agar masyarakat mengetahui komoditas pertanian Bali dan bisa membelinya.

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan perlu event (pestival agribisnis) dengan skala yang lebih besar untuk mempromosikan produk-produk atau komoditas petani Bali.    Hal tersebut disampaikan Gubernur I Wayan Koster, Jumat (4/10/2019) sore di lokasi Festival Agribisnis 2019 di Lapangan Parkir Timur Monumen Bajra Sandhi Denpasar. “Menurut saya ini merupakan hilirisasi dari produk pertanian agar masyarakat mengetahui komoditas pertanian kita dan bisa membelinya,” ujar Gubernur Koster didampingi Sekda I Dewa Made Indra, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PTPHP) Ida Bagus Wisnuardhana.

Dia menilai Festival Agribisnis sebagai event yang penting.Tujuannya agar petani memiliki pasar yang lebih luas dengan harga yang lebih baik,menguntungkan sehingga kesejahteraannya meningkat. “Ini sangat penting, ini skalanya masih kecil. Nanti kita buatkan event yang besar,” ujarnya.

Hari kedua pelaksanaan Festival Agribisnis 2019, ditandai sejumlah kegiatan-selain promosi dan pemasaran produk pertanian dan hortikultura. Di antaranya lomba mengukir buah tingkat SMA/SMK. “Carving buah itu, sangat bagus kreavitas seni yang sangat kreatif  berbasis pertanian,”puji Gubernur Koster.

Sebagai daerah tujuan wisata,kreativitas tersebut sangat baik dikembangkan di hotel-hotel. “Kita berharap restoran hotel dan restoran gunakan produk seperti ini,” ujarnya.

Festival Agribisnis 2019 dimulai Kamis (3/10/2019) hingga Minggu (6/10/2019). Event  tahun bidang pertanian ini menampilkan beragam produk pertanian, inovasi dan kreativitas yang bertalian pertanian dalam arti luas. *k17

Komentar