nusabali

Borong Juara UDG dan Teater, Bupati Bangga Generasi Muda Tabanan

  • www.nusabali.com-borong-juara-udg-dan-teater-bupati-bangga-generasi-muda-tabanan

Widya Sabha Kabupaten Tabanan berhasil memboyong gelar juara utsawa dharma gita (UDG) tingkat Provinsi Bali, dan Teater Jineng SMAN 1 Tabanan meraih juara tingkat provinsi dan nasional di 2019.

TABANAN, NusaBali

Keberhasilan tersebut dilaporkan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat audiensi di kantor bupati, Selasa (3/9). Ketua Pelaksana Harian Widya Shaba Tabanan Arum Gunawan yang sekaligus pembina Teater Jineng, mengatakan juara UDG berjumlah 8 di tingkat provinsi. Sementara Teater Jineng Tabanan, 4 juara di provinsi dan 2 juara di tingkat nasional.

Dijelaskannya, dalam bidang UDG dari 29 kali mengikuti ajang baru kali ini membukukan 8 prestasi. Dengan prestasi ini Tabanan bisa naik peringkat, dari juru kunci ke peringkat 7. Ini prestasi bersejarah bagi Tabanan.

“Baru tahun ini kita bisa memperoleh juara. Karena pada lomba-lomba sebelumnya dari 17 cabang, paling banyak kita mendapat 2 juara dan pernah tidak dapat. Tetapi kali ini kita merajai 8 kejuaraan tingkat provinsi,” bebernya.

Bupati Eka mengungkapkan rasa bangga, apalagi yang meraih prestasi adalah kaum milenial. “Ini menandakan generasi muda Tabanan sangat memegang teguh adat, tradisi dan budaya, serta kearifan lokal,” ujar Bupati Eka didampingi Asisten II Setda Tabanan AA Dalem Tresna Ngurah dan Kabag Humas Setda Tabana Putu Dian Setiawan.

Bupati Eka berjanji akan membangkitkan UDG di Tabanan dengan menggelar UDG pertama kalinya pada 2020 mendatang. “Kami akan dukung, apalagi ini berkaitan dengan budaya,” katanya.

Adapun 8 juara yang diraih Widya Shaba Tabanan dalam bidang UDG; juara I Utsawa Kakawin Dewasa Putra atas nama I Wayan Wahyu Diantara (Baturiti) dan I Gede Arum Gunawan (Penebel), juara III Utsawa Palawakya Dewasa Putra atas nama Putu Eka Aprilianto (Kediri) dan Dewa Made Bali Sugiharta (Kediri), juara II Utsawa Membaca Sloka Remaja Putra diperoleh Kadek Dwi Arnata (Kediri) dan Made Pandu Deva Kusuma Wardhana (Tabanan), Juara III Utsawa Baca Sloka Remaja Putri atas nama Ariasih (Baturiti) dan Suci (Baturiti).

Juara Harapan I Utsawa Palawakya Dewasa Putri diperoleh Indra (Pupuan) dan Friska (Pupuan), Juara Harapan I Utsawa Dharma Wacana Berbahasa Inggris diperoleh Lisa Purwanti (Kediri), Juara Harapan III Utsawa Dharma Wacana Berbahasa Inggris diperoleh Ayu Diah Suryandari (Tabanan), Juara Harapan I Utsawa Dharmawidya (Cerdas Cermat Agama Hindu) atas nama Natasya Restu, Eka Frastika, dan Wahyu Pradipta.

Sementara prestasi Teater Jineng Tabanan, di antaranya I Made Pandu Deva Kusuma Wardhana anggota teater berhasil sebagai Duta Provinsi Bali dalam pertukaran siswa dan kebudayaan ke Pontianak Kalimantan Barat, I Putu Gede Satria Radita raih peringkat 4 teater Monolog Festival Lomba Seni Siswa Nasional di Banda Aceh, Pande Gede Dharma Kusuma raih juara 2 teater Monolog dalam FLS2N Provinsi Bali, Teater Jineng SMAN 1 Tabanan raih Juara Umum III Seni Teater Modern dalam Porsenijar Provinsi Bali, Pembina Teater Jineng Arum Gunawan berhasil raih juara 3 guru ajeg Bali di tingkat Provinsi Bali, Teater Jineng berhasil raih juara 2 lomba pidato Bung Karno tingkat provinsi, dan Teater Jineng raih juara 2 lomba cipta dan baca puisi keagamaan di tingkat provinsi. *des

loading...

Komentar