nusabali

Lima Guru PAUD Dipercaya Jadi Asesor Akreditasi

  • www.nusabali.com-lima-guru-paud-dipercaya-jadi-asesor-akreditasi

Lima guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan bidang Pendidikan Non Formal (PNF) dipercaya jadi asesor akreditasi.

AMLAPURA, NusaBali

Kelima guru tersebut telah menjalankan tugasnya di luar Karangasem. Tugasnya hanya memantau pembelajaran dan mengumpulkan berkas.

Kepala Bidang Ketenagaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Nyoman Adil, mengungkapkan tugas asesor melakukan visitasi (kunjungan), desk assessment, dan membuat laporan hasil visitasi. Dasar laporan itu berdasarkan input nilai individu, nilai kelompok, rekomendasi, proses pembelajaran, didukung foto pendukung sebagai dokumen, dan menginput berita acara.

Visitasi memenuhi prinsip-prinsip dasar yakni efektif, efisien, objektif, dan mandiri. Harapannya nilai akhir akreditasi minimal 71 dan nilai kompetensi standar minimal 61. “Saya merasa bangga dari Karangasem terus dapat kepercayaan sebagai asesor. Secara tidak langsung mengetahui kualitas pembelajaran di luar Karangasem,” ungkap Nyoman Adil, Selasa (27/8).

Kelima asesor yang ditunjuk BAN PAUD (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini) Non Formal Bali yakni I Dewa Ayu Anom Pratiwi (guru TK Pembina Negeri Karangasem), Ni Nyoman Yuliani (guru PAUD Amerta Yulia Ganesa, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang), I Wayan Redana (guru TK Tunas Kartini, Desa Culik, Kecamatan Abang), I Wayan Mertayasa (guru PAUD Amerta Yulia Ganesa), dan I Komang Sukayasa.

Asesor PAUD I Wayan Mertayasa mengaku telah tuntas melakukan visitasi dan menginput data sekolah PAUD di Tabanan. “Saya hanya mengakreditasi tiga PAUD, tugasnya sebatas mengumpulkan berkas. Berkas itu saya setor ke BAN PAUD Bali. Nanti BAN PAUD Bali yang memverifikasi data itu,” katanya, Mertayasa mengaku melakukan visitasi sebelum memulai pembelajaran, mengamati saat siswa tiba di sekolah, sejauh mana perhatian guru pengajar menyapa setiap siswa yang datang. “Memang benar-benar pendidikan karakter telah diberdayakan kepada siswa,” tegasnya.

Asesor Ni Nyoman Yuliani juga bertugas di Tabanan. Sedangkan Dewa Ayu Anom Pratiwi, dapat tugas mengakreditasi PAUD di Denpasar. “Hasil dari visitasi sudah saya setor ke BAN PAUD Bali,” kata Dewa Ayu Anom Pratiwi. *k16

Komentar