nusabali

SMKN 3 Bangli Genjot Penggunaan Sikepo

  • www.nusabali.com-smkn-3-bangli-genjot-penggunaan-sikepo

SMKN 3 Bangli genjot penggunaan sistem kinerja pegawai online (Sikepo). 

BANGLI, NusaBali

Sistem ini mencatat seluruh kegiatan harian guru, pegawai, dan kasek secara online. Mempermudah pengisian data, SMKN 3 Bangli juga membuat buku agenda harian.

Kasek SMKN 3 Bangli, I Ketut Ariasa, mengatakan pelaporan kegiatan baik guru, pegawai maupun kepala sekolah tidak hanya manual, kini pelaporan sudah menggunakan sistem online. “Pelaporan setiap aktivitas guru, kepala sekolah hingga pegawai tinggal masuk di aplikasi Sikepo,” ujarnya, Selasa (27/8). Ketut Ariasa mengakui saat Pemprov Bali sosialisasikan aplikasi Sikepo, SMKN 3 Bangli mencoba untuk menuangkan pada buku agenda harian. Setiap aktivitas yang dilakukan ditulis dalam buku agenda tersebut.

Buku agenda harian mempermudah guru maupun pegawai mengisi laporan dalam aplikasi Sikepo. “Kegiatan mulai masuk sekolah hingga pulang sekolah dicatat. Ketika terlambat mengisi laporan pada Sikepo, para guru dan pegawai memiliki catatan yang mempermudah pelaporan. Termasuk saya juga memiliki buku agenda harian kepala sekolah, apa yang saya kerjakan tercatat di sana. Ini salah satu upaya mendukung penerapan Sikepo,” sebutnya.

Masing-masing guru dan pegawai memiliki buku agenda masing-masing. Begitu pula dalam pelaporan melalui Sikepo. Menurut Ketut Ariasa, sebelum menerapkan Sikepo, pihaknya melakukan pelatihan yang diikuti guru dan pegawai di internal SMKN 3 Bangli. Guru-guru yang sudah mengikuti diklat membagikan informasi pada rekan-rekanya. Saat ini guru dan pegawai sudah lancar menggunakan Sikepo. “Sejauh ini tidak ada kendala, guru dan pegawai sudah mampu dalam penerapan Sikepo,” ujarnya. Dikatakan, belum semua sekolah di Bangli menerapkan Sikepo dalam pelaporan.

Terpisah, SMKN 2 Bangli masih melakukan persiapan untuk dapat menerapkan Sikepo. Kasek SMKN 2 Bangli, I Wayan Suparta mengatakan saat ini masih persiapan dan rencana akan dimulai oleh Kasubag TU. “Persiapan yang dilakukan menginput target kerja untuk 1 tahun sesuai dengan target capaian masing-masing PNS. Ada proses agar masing-masing personal dapat melaporkan kegiatan hariannya secara online,” jelasnya. *esa

Komentar