nusabali

Pimpin Fraksi Gerindra Karangasem, Kusmia Dewi Catat Sejarah

  • www.nusabali.com-pimpin-fraksi-gerindra-karangasem-kusmia-dewi-catat-sejarah

DPP Gerindra akhirnya memutuskan posisi Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Karangasem periode 2019-2024.

AMLAPURA, NusaBali

Untuk kursi Wakil Ketua Dewan diduduki I Wayan Parka, new comer asal Desa/Kecamatan Bebandem dan Ketua Fraksi Gerindra dipercayakan kepada, Kadek Weisya Kusmia Dewi. Terpilihnya Kusmia Dewi sekaligus mencatatkan namanya sebagai politisi perempuan alias srikandi pertama yang menduduki posisi ketua fraksi di DPRD Karangasem.

Kepastian penunjukan dirinya sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Karangasem dibenarkan Kusmia Dewi saat dihubungi di Amlapura, Selasa (27/8). Menurutnya, SK DPP Gerindra soal penunjukan kader untuk posisi Wakil Ketua dan Ketua Fraksi DPRD Karangasem telah dipegang Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa, yang tengah mengikuti acara partai di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Nyoman Suyasa yang juga telah kantongi penunjukan kembali sebagai Wakil Ketua DPRD Bali 2019-2024 ini merupakan suami dari Kadek Weisya Kusmia Dewi.

Kusmia Dewi sebagai pendatang baru (new comer) di DPRD Karangasem berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem I (Kecamatan Karangasem). Dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, Kusmia Dewi membukukan 1.463 suara, merupakan raihan suara terkecil di internal Gerindra sekaligus paling kecil juga di antara 45 anggota DPRD Karangasem yang lolos untuk masa bhakti 2019-2024.

Terpilihnya Kusmia Dewi sebagai ketua fraksi sempat memunculkan spekulasi jika dirinya dikatrol oleh posisi suami yang menjadi Ketua DPC Gerindra Karangasem sekaligus anggota DPRD Provinsi Bali. Namun spekulasi itu langsung diluruskan Kusmia Dewi. "Kan lima anggota DPRD dari Fraksi Gerindra semuanya diusulkan ke DPP. Kemudian muncul sebagai Ketua Fraksi Gerindra, saya sendiri. Saya siap mengemban amanat partai yang merupakan perpanjangan tangan partai di DPRD," jelas Kusmia Dewi.

Raihan suara Kusmia Dewi yang hanya 1.463 suara, masih jauh di bawah empat anggota Fraksi Gerindra lainnya, yakni I Wayan Parka dari Dapil Karangasem II (Kecamatan Bebandem) dengan 3.877 suara, Ida Bagus Adnyana dari Dapil Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen) dengan 3.434 suara, Putu Deni Suryawan Giri dari Dapil Karangasem V (Kecamatan Kubu) dengan 3.548 suara dan I Made Dondo Wijaya dari Dapil Karangasem VI (Kecamatan Abang) dengan 3.249 suara.

Terpilihnya Kusmia Dewi sebagai Ketua Fraksi Gerindra melengkapi posisi ketua-ketua fraksi di DPRD Karangasem periode 2019-2024, yakni Ketua Fraksi PDIP I Made Wirta, Ketua Fraksi Golkar I Nyoman Sumadi, Ketua Fraksi NasDem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, dan Ketua Fraksi Catur Warna I Wayan Budi.

Sebelumnya untuk periode 2014-2019 Ketua Fraksi Gerindra DPRD Karangasem dipegang, I Wayan Dipta yang juga merupakan Ketua PAC Gerindra Abang. Sedangkan jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi Gerindra juga jatuh ke tangan pendatang baru, I Wayan Parka. Dia menggantikan posisi Ida Bagus Adnyana yang menduduki kursi Wakil Ketua Dewan periode 2014-2019.

Terkait penunjukan dirinya, Parka mengaku siap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua DPRD. "Saya siap menyambungkan aspirasi masyarakat seoptimal mungkin," jelas Parka, politisi dari Desa/Kecamatan Bebandem. *k16

Komentar