nusabali

UVJF 2019 Sambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

  • www.nusabali.com-uvjf-2019-sambut-hut-kemerdekaan-republik-indonesia-ke-74

Hari kedua Ubud Village Jazz Festival 2019 yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya

GIANYAR, NusaBali.com
Sebagai bentuk penghormatan kepada bangsa Indonesia, hari ke 2 Ubud Village Jazz Festival (UVJF) 2019 yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke -74 pada Sabtu (17/8/2019) dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tak hanya diikuti oleh seluruh peserta dan pengunjung berkebangsaan Indonesia, para peserta yang berasal dari berbagai negara lainnya pun turut memberi penghormatan sejenak dengan berdiri khidmat selama pemutaran lagu Indonesia Raya, dan diakhiri dengan applaus meriah ketika lagu berakhir. 

Ada pun rangkaian acara musik yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini mengambil tema yang memang ditujukan untuk menghormati hari besar bagi Indonesia ini, yaitu 'Certainly! Indonesia'. Terkait dengan tema tersebut, UVJF pada tahun ini bertujuan untuk membangkitkan rasa optimisme untuk membangun bangsa yang maju melalui keterlibatan local geniuses untuk mempertahankan nuansa ke-Balian dalam pagelaran seni musik. 

“Kita membangun rasa optimisme kita sebagai orang Indonesia yang bersaing di dunia musik internasional dan kita juga ingin menyatakan bahwa kita bisa, Indonesia maju,” ujar AA. Kt. Anom Darsana, co-founder Ubud Village Jazz Festival. 

Di rangkaian UVJF hari kedua ini, suasana Independence vibes terasa di area Arma Museum and Resort yang menjadi venue Ubud Village Jazz Festival. Dimulai dari dekorasi bernuansa merah putih di beberapa tempat, hingga diperkenalkannya permainan tradisional egrang, yang identik dijadikan lomba tradisional saat menyambut HUT Kemerdekaan. Beberapa peserta yang berasal dari luar negeri pun menyambut permainan tradisional ini  dengan antusias dan ikut belajar berjalan menggunakan egrang. 

Astrid Sulaiman, Vice Chairman Ubud Village Jazz Festival, juga turut memberikan pesan serangkaian hari peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada kali ini. “Kita harus bangga sebagai orang Indonesia. Kita buktikan kalau Indonesia juga bisa membuat suatu festival yang membanggakan.” pesan pianis wanita kenamaan ini. 

Selain itu, pada rangkaian acara pembukaan di hari kedua ini pula, UVJF 2019 memberikan penghargaan ‘Lifetime Achievement Award’, sebuah penghargaan yang diberikan kepada musisi jazz senior atas dedikasi dan kontribusinya terhadap perkembangan musik jazz di Indonesia. Ada pun penerima penghargaan ini yaitu Yance Manusama yang dikenal dengan julukan the Father of Funk Music of Indonesia. *yl

loading...

Komentar