nusabali

Festival Kintamani Hanya 13 Peserta

  • www.nusabali.com-festival-kintamani-hanya-13-peserta

Camat Kintamani kembali menggelar Festival Kintamani untuk yang ketiga kalinya, Kamis (8/8) hari ini.

BANGLI, NusaBali

Festival akan disemarakkan dengan lomba baleganjur antar desa. Tahun ini hanya diikuti 13 dari 48 desa. Banyak desa absen karena berbenturan dengan kegiatan adat. Anggaran festival sebesar Rp 84 juta.

Camat Kintamani, I Wayan Dirgayusa, mengungkapkan Festival Kintamani III mengambil tema Cinta, Kesetiaan, dan Kekuasaan. “Tahun ini banyak desa absen ikut festival karena di bulan Agustus ini banyak yang melaksanakan upacara keagamaan. Sejumlah desa juga belum siap mengikuti festival,” ungkap Dirgayusa, Rabu (7/8). Ditegaskan, desa tidak dipaksa mengirimkan perwakilan. Peserta mengambil start di Pasar Seni Geopark dan berakhir di Museum Gunung Batur.

Dirgayusa menambahkan, festival tidak sekadar lomba namun evaluasi penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) tentang peningkatan pemahaman tabuh baleganjur di kalangan generasi muda di masing-masing desa. Dirgayusa mengaku telah melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait festival dan parade baleganjur. “Polisi memberlakukan sistem buka tutup di jalur Penelokan. Kami hanya memanfaatkan sebagian jalan saja,” terangnya. Kasat Lantas Polres Bangli, AKP I Nengah Sona masih koordinasikan tentang pengalihan arus lalulintas. “Kemungkinkan kendaraan dari arah selatan yang hendak ke Singaraja bisa melalui Desa Bayung Gede,” jelasnya singkat. *esa

loading...

Komentar