nusabali

PT AP Usul Bebas Biaya Parkir Pesawat

  • www.nusabali.com-pt-ap-usul-bebas-biaya-parkir-pesawat

Saat erupsi Gunung Raung, Jawa Timur, pertengahan Juli 2015 lalu, PT Angkasa Pura juga menggratiskan biaya parkir pesawat.

MANGUPURA, NusaBali
PT Angkasa Pura (PT AP) I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, mengusulkan pesawat yang parkir di bandara setempat dibebaskan dari biaya parkir sebagai dampak erupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami akan usulkan kepada direksi di pusat untuk pembebasan biaya parkir pesawat,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Trikora Harjo yang ditemui di Terminal Keberangkatan Internasional bandara setempat di Yubang, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (4/11).

Menurut dia, sama halnya dengan penutupan akibat erupsi Gunung Raung di Jawa Timur pada pertengahan Juli 2015 lalu yang juga berdampak ke Bali, pihaknya pun menggratiskan biaya parkir pesawat.

Saat ini, terdapat 36 pesawat dari sejumlah armada baik maskapai dalam maupun luar negeri yang terpaksa parkir di apron salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu.
Maskapai penerbangan itu di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Citilink, Hongkong Airlines, AirAsia, Malaysia Airlines, Singapore Airlines, Qatar Airlines, Eva Air, Virgin Australia, Jetstar, Cathay Pasific, dan sejumlah maskapai penerbangan lainnya.

Operator  bandara setempat menutup operasional bandara sejak Selasa (3/11) pukul 19.30 hingga 23.30 Wita. Penutupan kemudian diperpanjang hingga Kamis (5/11) sekitar pukul 08.45 Wita.

Angkasa Pura I kemudian mengeluarkan Notice to Airman (Notam) atau surat pemberitahuan kepada seluruh personel penerbangan di dunia terkait penutupan itu dengan nomor Notam A2470/15.

Akibatnya, 692 jadwal penerbangan baik domestik maupun manca negara terpaksa dibatalkan dengan ribuan orang calon penumpang telantar di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Komentar