nusabali

Belum Tamat, Belum Kiamat

  • www.nusabali.com-belum-tamat-belum-kiamat

Jangan coret dulu nama Rusia dan Wales dari persaingan Grup B. Dua tim ini masih punya peluang lolos ke babak 16 besar.

TOULOUSE, NusaBali
Bahkan Wales masih bisa menjadi juara grup jika di laga lainnya yang dilakukan bersamaan: Inggris dijungkalkan Slovakia. Sama seperti Wales, Rusia pun belum tamat dan kiamat.  Sekalipun tak bakal menjadi juara grup, namun Rusia bisa menjadi runner up ataupun setidaknya menjadi peringkat 3 terbaik. Sebagaimana diketahui, dari enam grup, akan dicari 4 tim peringkat terbaik guna menggenapi babak 16 besar.

Kemungkinan itulah yang menjadikan duel Selasa (21/6) pukul 03.00 Wita di Stadium Municipal, Toulouse, bakal berlangsung sengit. Jika melihat rekor head to head, Rusia punya catatan baik. Kini, tim asuhan Leonid Slutsky juga memburu kemenangan pertamanya di Euro 2016 setelah di laga pembuka imbang 1-1 dengan Inggris, lalu kalah 2-1 dari Slovakia.

Bahkan Rusia sempat ketinggalan 2-0 dari Slovakia. “Apakah kami salah memainkan starting line up? Sebenarnya tidak juga,” kata Slutsky. “Setelah ketinggalan, kami memang baru melakukan perubahan, khususnya syitem di lapangan tengah.”

Sementara itu pelatih Wales Chris Coleman berharap timnya punya semangat baru pasca dikalahkan Inggris. “Kami harus move on saat menghadapi Rusia,” kata Coleman. Bintang Wales Gareth Bale pun menegaskan bahwa nasib Wales belum tamat. Sekarang, semua pemain di timnas akan bekerja sangat keras untuk bisa lolos ke babak knockout Euro 2016 dengan memenangkan pertandingan terakhir kontra Rusia.  “Perjalanan kami belum tamat,” tegas Bale dilansir ESPN.

Bale optimis, The Dragons masih memiliki peluang lolos dengan syarat harus mengalahkan Rusia. “Kami masih di sini dan kami masih punya peluang yang sangat besar untuk lolos. Kami akan memainkan pertandingan terakhir kami kontra Rusia dengan segenap tenaga” tutup Bale.7mao


Head to Head
15 Nov 2003     Rusia 0-0 Wales     Piala Eropa
19 Nov 2003     Wales 0-1 Rusia     Piala Eropa
10 Sep 2008     Rusia 2-1 Wales     Piala Dunia
09 Sep 2009     Wales 1-3 Rusia     Piala Dunia

DATA DAN FAKTA
- Rusia memenangi tiga laga terakhirnya melawan Wales dengan memasukkan 6 gol dan kemasukan 2 gol.

-  Gareth Bale sudah mencetak dua gol dari dua pertandingan pertama lewat tendangan bebas langsung.
Sebelumnya hanya Michel Platini (1984) dan Thomas Haessler (1992) yang bisa melakukannya di Piala Eropa    sejak  1980.

- Tiga gol terakhir Rusia di Euro, semuanya lewat sundulan kepala.

- Wales baru sekali lolos fase knockout di turnamen besar, Piala Dunia 1958.

- Sejak pecah dari Uni Soviet, Rusia hanya sekali lolos fase knockout dari empat keikutsertaannya di Piala Eropa.

Komentar