nusabali

Pilkel Serentak Lahirkan 42 Perbekel Baru

  • www.nusabali.com-pilkel-serentak-lahirkan-42-perbekel-baru

Pilksel selanjutnya tahun 2017 akan diikuti 9 desa dan tahun 2019 diikuti 80 desa. Pilkel serentak dilakukan setiap 2 tahun berdasarkan perda. 

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 123 calon ikut dalam pemilihan perbekel (Pilkel) serentak di 42 desa se Buleleng, Rabu (4/11). Pilkel serentak gelombang pertama yang digelar di tahun 2015, berlangsung aman dan berhasil melahirkan 42 nama perbekel baru yang terpilih. Kesuksesan Ini tidak lepas dari pengamanan dari personil TNI/Polri dimasing-masing desa.

Data dihimpun, hasil sementara menunjukkan khusus tiga desa dengan status PAW yakni Desa Julah dan Bondalem di Kecamatan Tejakula, serta Desa Sumberkima, Kecamatan Gerogak, calon yang unggul masing-masing Desa Julah, Wayan Suastika, Desa Bondalem Nyoman Ngurah Astawa dan Desa Sumberkima Nengah Wirta.

Pelaksanaan Pilkel serentak tersebut mendapat perhatian serius dari Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Bupati bersama unsur Muspida sempat meninjau pelaksanaan Piilkel di beberapa desa.  Bupati  menyebut, secara umum pemungutan suara sudah berjalan aman, tertib, dan lancar. 

“Tidak ada hambatan, logistik tidak ada yang bermasalah. Warga pun juga antusiasi menyalurkan hak pilih mereka. Dan saya selalu katakan, kondusivitas daerah itu menjadi parameter pembangunan,” katanya.

Menurut Bupati, calon perbekel yang terpilih maupun tidak tetap wajib menjaga situasi kamtibmas di desanya masing-masing. Disamping itu, calon perbekel yang tidak terpilih harus menerima kekalahan dan mendukung perbekel yang sudah diberikan kepercayaan oleh masyarakat banyak.

Selanjutnya...

Komentar