nusabali

Tolak Arogansi Demer

  • www.nusabali.com-tolak-arogansi-demer

Usai orasi, ratusan kader Golkar bubuhkan tandatangan tolak kesewenang-wenangan Demer di atas kain kuning, yang kemudian diserahkan ke Sugawa Korry

Kader dari 6 Daerah Tempuh Upaya Niskala ke DPD I Golkar Bali


DENPASAR, Nusa Bali
Ratusan kader Golkar dari 6 kabupaten yang Ketua DPD II Golkar-nya dilengserkan paksa dan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt), datangi Kantor Sekretariat DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Kamis (4/7) pagi. Mereka menempuh upaya niskala untuk menolak atogansi dan kesewenang-wenangan Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, dalam memimpin partai.

Para kader Golkar dari Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Buleleng, Karangasem, dan Bangli yang mendatangi Sekretariat DPD I Golkar Bali, Kamis kemarin, menamakan diri Soliditas Muda Beringin (SMB). Mereka dipimpin langsung Koordinator SMB Provinsi Bali, Wayan Sumantra Karang.  

Wakil Ketua Bappilu DPD II Golkar Badung, Anak Agung Buminata, juga hadir bersama Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Badung, Anak Agung Suastika. Demikian pula Koordinator SMB Kabupaten Bangli, Sang Kompiang Yasa Negara. Dalam kesempatan itu, Sang Kompiang Yasa Negara sempat berorasi, didampingi para koordinator SMB dari Kabupaten Badung, Buleleng, Tabanan, Karangasem, dan Jembrana.

Ratusan kader Golkar dari 6 kabupaten ini datang Sekretariat DPD I Golkar Bali dengan mengenakan busana adat. Sebelum menyampaikan aspirasinya, mereka lebih dulu matur piuning dan sembahyang bersama di Padmasana Kantor Sekretariat DPD I Golkar Bali, sebagai bagian upaya niskala untuk melawan kesewenang-wenangan Demer.

Usai sembahyang, barulah para pentolan SMB berorasi. Kemudian, mereka menandatangani surat penolakan SK Plt Ketua DPD II Golkar Badung, SK Plt Ketua DPD II Golkar Bangli, SK Plt Ketua DPD II Golkar Tabanan, SK Plt Ketua DPD II Golkar Jembrana, SK Plt Ketua DPD II Golkar Buleleng, SK Plt Ketua DPD II Golkar Karangasem.

Dalam orasinya, Koordinator SMB Kabupaten Bangli, Sang Kompiang Yasa Negara, mengungkap kesewenangan-wenangan Demer selaku Plt Ketua DPD I Golkar Bali, sangat mengkerdilkan partai. Sang Kompiang Yasa kemudian menyebut pelengseran Ketua DPD II Golkar Bangli, I Wayan Gunawan, yang sulit diterima dengan akal sehat.

Menurut Kompiang Yasa, kepemimpinan Gunawan sebagi Ketua DPD II Golkar Bangli cukup berprestasi. Bahkan, Golkar mencatat prestasi mengagumkan di Pileg 2019 dengan mendongkrak perolehan kursi legislatif partainya menjadi 6 kursi DPRD Bangli 2019-2024 dari semula 5 kursi. Padahal, di daerah lain, perolehan kursi Golkar rata-rata anjlok karena dahsyatnya gempuran PDIP.

"Kami di Bangli selama ini sudah sejuk, tapi tiba-tiba menjadi panas karena ulah Demer. Kami sepakat menolak SK Plt. Kami di Bangli sudah sepakat tetap loyal kepada Pak Gunawan yang punya prestasi dalam memimpin partai," tegas politisi yang akrab disapa Kompiang Lombok ini.

Sedangkan Koordinator SMB Provinsi Bali, Wayan Sumatra Karang, ancam akan menghadirkan lebih banyak massa ke DPD I Golkar Bali kalau tidak mampu menyelesaikan masalah SK Plt yang dikeluarkan Demer secara sewenang-wenang. "Kami berharap DPP Golkar memutuskan dengan hati nurani dan menolak SK Plt 6 Ketua DPD II Golkar Kabupaten yang sah. Sebab, ini melanggar AD/ART Partai Golkar,” tandas Sumatra Karang.

“Kami hadir ke Kantor DPD I Golkar Bali ini untuk memohon dan berjuang secara sekala dan niskala. Kami harap juga DPD I Golkar Bali menindaklanjuti aspirasi kami, dengan mencabut 6 SK Plt Ketua DPD II Golkar Kabupaten, karena semuanya masih berproses di Mahkamah Partai," lanjut politisi muda Golkar asal Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini.

Usai orasi kemarin, ratusan kader SMB dari 6 kabupaten bersama-sama menandatangani pernyataan tolak keputusan Plt Ketua DPD I Golkar Bali Demer yang mem-Plt-kan 6 Ketua DPD II Golkar produk Musda. Mereka membubuhkan tandatangan di atasi kain kuning sepanjang 10 meter. Selanjutnya, kain kuning berisi tandatangan tersebut diserahkan kepada Sekretaris DPD I Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry. Acara penyerahan kain kuning berisi tandatangan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Bappilu DPD II Golkar Badung, AA Buminata, di Ruangan Su-gawa Korry.

AA Buminata menegaskan, para kader Golkar dari Badung, Bangli, Tabanan, Buleleng, Jembrana, dan Karangasem tidak akan pernah berhenti menyuarakan kebenaran dan tegaknya AD/ART Partai Holkar. "Hari ini (kemarin) kami menolak SK Plt yang melengserkan Ketua DPD II Golkar Badung Pak Wayan Muntra. Kami akan berjuang habis-habisan sampai ke Mahkamah Partai,” tegas Buminata.

“Kami hari ini memohon secara niskala kepada Ida Batara yang melinggih di Padmasana Kantor Golkar Bali supaya majelis di Mahkamah Partai Golkar memutuskan dengan hati nurani gugatan atas SK Plt yang diterbitkan Demer. Ya, supaya partai di Bali tidak terus bergolak," lanjut politisi Golkar asal Jero Tangeb, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Badung ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry berjanji akan meneruskan aspirasi kader dari 6 kabupaten tersebut kepada jajaran pengurus. "Kami apresiasi upaya menempuh cara-cara yang damai seperti sekarang. Kami tentu akan sampaikan kepada pimpinan nanti," tandas Sugawa Korry.

Soal aspirasi dan tuntutan supaya SK Plt yang diterbitkan Demer agar dicabut dan kembalikan jabatan para Ketua DPD II Golkar Kabupaten yang dilengserkan, menurut Sugawa Korry, itu kewenangan Mahkamah Partai. "Kami tidak mau berandai-andai. Nanti Mahkamah Partai memutus kan," kilah politisi Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang juga Wakil Ketua DPRD Bali 2014-2019 ini.

Keputusan memberhentikan 6 Ketua DPD II Golkar Kabupaten yang posisinya digantikan dengan Plt, sebagaimana diberitakan, dilakukan Demer melalui rapat pleno di Kantor DPD I Golkar Bali, 4 Juni 2019 sore. Pertama, Ketua DPD II Golkar Bangli I Wayan Gunawan, yang digantikan oleh Plt I Gusti Made Winuntara (kini masih menjabat Wakil Ketua Bappilu Wilayah Bangli DPD I Golkar Bali).

Kedua, Ketut DPD II Golkar Badung I Wayan Muntra, yang digantikan Plt I Wayan Suyasa (kini Sekretaris DPD II Golkar Badung). Ketiga, Ketua DPD II Golkar Tabanan I Ketut Arya Budi Giri alias ABG, yang digantikan Plt I Nyoman Wirya (kini Wakil Ketua Bappilu Wilayah Tabanan DPD I Golkar Bali). Keempat, Ketua DPD II Golkar Jembrana I Wayan Suardika, yang digantikan oleh Plt Made Suardana (kini Wakil Ketua Bappilu Wilayah Jembrana DPD I Golkar Bali).

Kelima, Plt Ketua DPD II Golkar Buleleng I Made Adi Djaya, yang digantikan Plt Ida Gede Komang Kresna Budi (kini Wakil Ketua Bappilu Wilayah Buleleng DPD I Golkar Bali). Keenam, Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana, yang digantikan Plt IGN Setiawan (kini Wakil Ketua Bappilu Wilayah Karangasem DPD I Golkar Bali). Mereka yang dilengserkan semuanya merupakan nakhoda partai hasil Musda Golkar Kabupaten tahun 2016 lalu, kecuali Made Adi Djaya. *nat

Komentar