nusabali

Penyu Lekang Terdampar di Pantai Penarukan

  • www.nusabali.com-penyu-lekang-terdampar-di-pantai-penarukan

Seekor Penyu Lekang diamankan kelompok pecinta alam Pantai Penarukan, Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Senin (24/6) pukul 00.00 Wita.

SINGARAJA, NusaBali

Penyu yang diduga kebingungan saat akan bertelur itu akhirnya diamankan oleh masyarakat setempat dan dilaporkan ke Satuan Polisi Air Polres Buleleng. Kanit Patroli Satpolair Polres Buleleng Iptu Dewa Sadnyana Selasa (25/6), mengatakan penemuan penyu yang langsung dilaporkan pihaknya langsung diamankan dari tangan-tangan usil tak bertanggungjawab. “Kemungkinan penyu ini mau bertelur, ditemukan di pasir pinggir pantai, tetapi karena nampak kebingungan diamankan kelompok pencinta pantai disana,” ungkap dia.

Penyu Lekang itu akhirnya dibawa ke penangkaran Penyu Pantai Penimbangan pada Selasa (25/6) pagi,  untuk diobservasi. Satpolair bersama kelompok konservasi penyu pantai Penimbangan dan Jurusan Kelautan Undiksha melakukan observasi terhadap temuan penyu itu. Dari pemantauan kasat mata, Penyu Lekang yang memiliki panjang sekitar 60 sentimeter dan lebar kurang lebih 40 sentimeter itu, diperkirakan sudah berumur diatas seratus tahun. Dugaan itu diperkuat dengan ciri-ciri cangkang penyu bagian pinggir yang sudah melengkung ke atas.

Iptu Sadnyana yang dibantu dosen Jurusan Kelautan Undiksha saat melakukan observasi awal pagi kemarin mendapati ada luka lebba di bagian kaki belakang penyu. Pihaknya pun mengaku belum mengetahui penyebab pasti luka tersebut. Meski demikian hal itu tak berdampak buruk pada penyu yang secara umum dinyatakan sehat. “Kami memilih observasi dulu, sebelum nanti dilepas kembali ke alamnya. Kalau memnag kondisinya sehat, sore ini (Rabu,red) kami siap akan melepas bersama pimpinan,” katanya.

Ketua Pokmaswas Pantai Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana ditemui di penangkaran Penyu Penimbangan, mengatakan dengan penemuan penyu terdampar itu diperkirakan kuat akan bertelur. Karena bulan Juni ini disebut puncak kedatangan penyu Lekang bertelur di pantai Utara Bali. Bahkan hingga saat ini, di bak penangkaran penyu penimbangan penuh dengan sarang penyu. Tercatat masih ada 12 sarang yang belum menetas. “Juni ini memang kami temukan paling banyak sarang telur penyu di pantai Penimbangan ini dan dari bulanFebruari lalu sudah ada 2.056 butir telur penyu yang ditangkarkan disini. Selain telur yang ditemukan di Pantai Penimbangan, ada juga yang ditemukan di wilayah Banjar dan pantai lain di Buleleng,” jelas dia. *k23

Komentar