nusabali

Sedotan Stainless Mulai Gantikan Plastik

  • www.nusabali.com-sedotan-stainless-mulai-gantikan-plastik

Berlakunya Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali menciptakan lifestyle baru untuk menikmati kuliner, termasuk minuman.

JAKARTA, NusaBali

Jika sebelumnya straw atau sedotan plastik digantikan oleh sedotan bambu, kini sedotan berbahan stainless mulai marak dipakai di berbagai resto.

Salah satunya, KFC Indonesia, merespons bahaya sampah plastik yang salah satunya banyak disumbangkan oleh limbah sedotan konvensional dari plastik tersebut. “KFC Indonesia sudah sejak dua tahun lalu sudah mengajak konsumen untuk mengurangi pemakaian sedotan plastik melalui program No Straw Movement, yang menjadikan KFC Indonesia

sebagai restoran cepat saji pertama yang berkomitmen untuk tidak lagi menyediakan dispenser sedotan plastik sekali pakai di seluruh gerainya,” kata Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk.

Sebagai apresiasi, resto ini menyajikan sedotan berbahan stainless  yang diperkenalkan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni lalu. Sedotan dikemas dalam sebuah pouch khusus bertema natural yang berisi tiga jenis sedotan dan satu sikat pembersih.

Paket sedotan eksklusif ini jumlah total yang ditawarkan hanya 150.000 set. Satu set sedotan terdiri dari satu pouch, tiga sedotan lurus dan bengkok yang cocok untuk soda, dan minuman float, serta satu buah sikat pembersih. Set sedotan dijual dengan harga Rp 20.000,- dengan pembelian paket combo atau Rp 25.000,- dengan pembelian produk ala carte.

Dijelaskan Hendra Yunanto, sejak Mei tahun 2017, aksi No Straw Movement telah berdampak nyata. Berawal dari hanya enam gerai, sudah berhasil mengurangi penggunaan sedotan plastik hingga 28 persen. Selanjutnya, di akhir 2017 program ini dilebarkan ke 250 gerai di Jabodetabek dan telah berhasil mengurangi penggunaan sedotan hingga 46 persen di setiap gerainya atau meningkat hampir 65 persen. Dan pada akhir tahun 2018 lalu, No Straw Movement diterapkan ke seluruh 690 gerai KFC, dengan pencapaian yang luar biasa. Penggunaan sedotan plastik di KFC Indonesia turun hingga 91 persen. *

Komentar