nusabali

KESEHATAN: Manfaat Mentimun

  • www.nusabali.com-kesehatan-manfaat-mentimun

Mentimun dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Sayuran yang bisa disebut timun ini pun salah satunya bermanfaat untuk kulit dan rambut. Mentimun mengandung 90% air, nutrisi seperti vitamin C dan asam caffeic yang membantu untuk menenangkan, melembabkan dan mencerahkan kulit, juga bisa mengurangi iritasi.

Cara ini dapat digunakan setiap hari agar mendapatkan kulit mulus, kenyal, lembut dan juga membantu dalam menghilangkan racun dari kulit dan dapat digunakan untuk mengusir lelah. Dilansir dari Boldsky.com, berikut manfaat dari mentimun.

1. Mencerahkan kulit
Mentimun dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Dengan cara mencampur jus mentimun dengan jus lemon, lalu oleskan pada kulit secara merata dan bilas setelah 20 menit untuk mendapatkan kulit bersinar alami.

2. Menghilangkan selulit

Biasanya selulit ditemukan di paha, bokong, lengan dan perut. Untuk meghilangkannya dengan mencampurkan jus mentimun dan madu, kemudian balurkan pada bagian selulit. Hal ini juga membantu untuk mengencangkan kulit dan mengencangkan serat kolagen kulit.

3. Menghilangkan sunburn
Mentimun adalah salah satu bahan terbaik yang dapat meredakan kulit terbakar, timun sangat menenangkan bagi kulit dan bisa mempercepat proses penyembuhan. Juga bisa meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Irislah mentimun, dan letakkan pada daerah yang terkena luka atau iritasi.

4. Mengencangkan pori-pori
Khasiat lain dari mentimun yaitu bertindak sebagai toner kulit yang ideal. Hal ini dapat dicampur dengan air mawar, madu, atau jus lemon, karena bisa membantu untuk mengencangkan pori-pori kulit. Campuran ini pun dapat dioleskan di seluruh wajah dan kemudian dibilas dengan air hangat.

5. Mengurangi lingkat hitam pada mata
Mentimun juga sangat ampuh untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Antioksidan dan silika yang ada di dalamnya membantu untuk mencerahkan daerah bawah mata dengan cara meletakkan irisan ketimun di mata, biarkan selama 15 menit. *NET

Komentar