nusabali

Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 1,9 M

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-serahkan-hibah-rp-19-m

Saat Hadiri Pitra Yadnya di Desa Adat Pecatu

MANGUPURA, NusaBali

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 1,9 miliar saat menghadiri rangkaian Karya Pitra Yadnya Pranawa Bhuwana Kosa Manusa Yadnya lan Atma Wedana Maligia Punggel, Desa Adat Pecatu tahun 2019 pada Anggara Paing Tulu, Selasa (11/6).

Bupati Giri Prasta hadir bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Sekda Badung Adi Arnawa, Wakil Ketua DPRD Badung I Nyoman Kariyana. Dana hibah sebesar Rp 1,9 miliar untuk pelaksanaan karya Pitra Yadnya diterima Ketua Panitia I Wayan Teja didampingi Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta.

Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta, menyatakan karya Pitra Yadnya ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Tahun ini sebanyak 290 peserta yang ikut prosesi Pitra Yadnya. Sedangkan nyekah atau atma wedana diikuti sebanyak 297, mapetik atau ngangkit diikuti 363, dan matatah diikuti sebanyak 105 krama.

“Puncak acara akan dilaksanakan pada Wraspati Wage Tolu, Kamis (13/6). Kemudian prosesi ngangkid dan mapetik akan dilaksanakan pada 16 Juni serta matatah pada 17 Juni,” ujarnya.

Dikatakannya, pendanaan karya Pitra Yadnya selain didukung oleh LPD Desa Pecatu melalui Iuran Dana (Ida) Ngaben, juga bersumber dari dana desa dan bantuan dari Pemkab Badung. “Selain dari program Ida Ngaben LPD sebesar Rp 540 juta, ada juga sumbangan dari APBDes sebesar Rp 150 juta. Sedangkan dari dana sosial LPD sebesar Rp 200 juta, punia LPD sebesar Rp 172 juta, dana dari Pemkab Badung sebesar Rp 1,9 miliar, dan punia dari sejumlah pihak,” kata Sumerta.

Sementara Bupati Giri Prasta mengemukakan Pitra Yadnya harus terus digerakkan dan dimunculkan dengan satu konsep yaitu gotong royong. Pemerintah Kabupaten Badungtentu tidak tutup mata dalam kegiatan seperti itu, dan turut serta membantu krama. “Ini merupakan salah satu cara untuk meringankan beban krama,” ujarnya. *dar

loading...

Komentar