nusabali

Kapal Hindari Kelebihan Penumpang

  • www.nusabali.com-kapal-hindari-kelebihan-penumpang

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Infomatika (Dishubkominfo) Klungkung mulai mengawasi intensif kondisi penyeberangan menjelang piodalan di Pura Penataran Ped, Nusa Penida, Klungkung.

Jelang Piodalan di Pura Penataran Ped

SEMARAPURA, NusaBali
Piodalan pada Buda Wage Kelawu, Rabu (8/6). Pihak Dishubkominfo mengimbau para penyedia jasa penyeberangan kapal di laut, baik kapal Roro Nusa Jaya Abadi, maupun boat jangan sampai over kapasitas (kelebihan) penumpang.

Kadishubkominfo Klungkung Nengah Sukasta mengatakan, untuk faktor keselamatan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Syahbandar agar mengawasi dan menyarankan pemilik boat supaya selalu memperhatikan penumpang hingga cuaca di laut. “Yang terpenting jangan sampai overload penumpang,” ujarnya, Senin (6/6).

Kata dia, bagi pamedek atau umat yang tangkil ke Pura Penataran Ped bisa melalui pelabuhan tradisional Desa Pesinggahan dan Desa Kusamba di Klungkung.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Gede Arianta mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel berjaga-jaga di sepanjang pelabuhan tradisional. Karena pamedek saat piodalan di Pura Penataran Ped membludak dan perlu diawasi. “Kita akan atensi di setiap penyeberangan,” katanya.

Kepala UPT Pelabuhan Penyebrangan Nusa Penida I Dewa Gede Agus Swarmahendra mengatakan, untuk penyeberangan saat piodalan Pura Penataran Ped, pihaknya tidak mengizinkan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi menyeberang dari Pelabuhan di eks Galian C di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung. Karena. “Meskipun sudah uji coba sandar, Kapal Roro belum belum bisa melayani masyarakat sebab faktor gelombang laut cukup tinggi," terangnya.

Swarmahendra menginstruksikan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi untuk memanfaatkan pelabuhan Padangbai, Karangasem, sebagai tempat bersandar hingga menjemput penumpang yang ingin ke Nusa Penida. Dia juga menuturkan, Kapal Roro Nusa Jaya Abadi mampu mengangkut 182 orang, kendaraan roda empat 8 dan roda dua 40 unit dari Nusa Penida ke pelabuhan Padangbai, dan sebaliknya. Harga tiket kapal ini Rp 27.800/orang berangkat dari Nusa Penida - Padangbai, sedangkan dari pelabuhan Padang Bai - Nusa Penida, Rp 31.000/orang. 7 w

Komentar