nusabali

Jokowi Ajak Cucu Shalat di Masjid Peninggalan Soekarno

  • www.nusabali.com-jokowi-ajak-cucu-shalat-di-masjid-peninggalan-soekarno

Presiden Joko Widodo melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Syuhada, Kota Baru, Jogjakarta, Jumat (7/6).

JOGJAKARTA, NusaBali

Masjid Syuhada merupakan masjid cagar budaya peninggalan Presiden pertama RI Soekarno. Jokowi bersama cucunya, Jan Ethes, tiba di Masjid Syuhada pada pukul 11:45 WIB. Presiden langsung duduk di saf pertama didampingi kedua puteranya, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka.

Mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Harsoyo bertindak sebagai imam shalat dengan khatib Ustadz Waharjani menerangkan tentang kesiapan meninggalkan Ramadhan serta menyongsong Bulan Syawal. “Pak Jokowi merupakan Presiden RI kedua setelah Bung Karno yang datang ke sini,” kata Pengurus Kesekretariatan dan Rumah Tangga Masjid Syuhada, Hengki Desri Mulyadi.

Ia mengatakan Jokowi sudah kali kedua datang ke masjid yang didirikan pada 1952 sebagai kenang-kenangan untuk para pejuang kemerdekaan RI itu. Pertama, Jokowi datang ke Masjid Syuhada saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2013-2014. “Kami merasa ini termasuk suatu hal kenang-kenangan. Masjid Syuhada ini kan juga kenang-kenangan dari RI 1 (Presiden Soekarno, red.) jadi ada hubungan,” kata dia dilansir Antara.

Sebelum shalat, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersilaturahim ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setibanya di keben keraton, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh putri, mantu, dan cucu Sri Sultan Hamengkubuwono X, yaitu GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendara, KPH Wironegoro, KPH Purbadiningrat, KPH Notonegoro, RM Marrel, RM Drastya, dan RAj Irdina.

Presiden kemudian berjalan menuju halaman dalam keraton dan disambut oleh Sultan Hamengkubuwono beserta istrinya GKR Hemas. Keempatnya kemudian berjalan masuk ke dalam keraton. Usai bersilaturahim selama sekitar 30 menit, Presiden dan Ibu Iriana berpamitan untuk pulang. Sebelum meninggalkan keraton, Presiden dan keluarga Keraton Yogyakarta menyempatkan berfoto bersama. Sultan beserta seluruh keluarganya lalu mengantar Kepala Negara hingga ke depan keben keraton. Pada pukul 11.12 WIB, Presiden meninggalkan keraton untuk kembali ke Gedung Agung. *

Komentar