nusabali

Badung Andalkan Atlet Pra PON

  • www.nusabali.com-badung-andalkan-atlet-pra-pon

Keenam petarung di tim bayangan Pra PON Bali itu wajib meraih emas pada Porprov Bali 2019 nanti. Jika juara, otomatis mereka akan jadi tim inti Pra PON Bali.

Tarung Derajat Incar Juara Porprov 2019


MANGUPURA, NusaBali
Enam atlet tarung derajat tim Pra PON Bali menjadi andalan Pengkab Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Badung pada Porprov Bali XIV/2019 di Kabupaten Tabanan, September nanti. Keenamnya ditargetkan meraih medali emas.

Dari 16 petarung yang disiapkan untuk Porprov, terdiri dari sembilan petarung putra, lima petarung putri, plus dua atlet seni gerak (satu pasang). Dari jumlah itu, tiga petarung putra dan tiga putri menghuni tim tarung derajat Pra-PON Bali.

"Keenam petarung di tim bayangan Pra PON Bali wajib meraih emas di Porprov Bali di Tabanan nanti. Jika juara, otomatis mereka akan jadi tim inti Pra-PON Bali. Tapi sebelum itu saya harapkan mereka menunjukkan prestasi untuk Badung di ajang Porprov," ujar Koordinator pelatih Kodrat Badung, I Gusti Ngurah Dedy, di Badung, Kamis (23/5).

Pria yang akrab disapa Gung Dedy mengatakan, kesempatan masuk tim bayangan Pra PON harus ditunjukkan lewat prestasi di Porprov. Sebab, usai Porprov langsung ke pembentukan tim definitif Pra PON.

"Kuncinya di ajang Porprov. Badung bertekad mendominasi kembali menyumbangkan atlet cukup banyak ke Pra PON Kodrat Bali," tegas Gung Dedy.

Dia mengakui dengan adanya petarung Pra-PON tersebut, peluang untuk meraih juara itu dikatakannya terbuka lebar. Apalagi, mereka yang tergabung di tim Pra-PON saat ini hasil dari kejurprov. Nantinya kelas dan petarung yang ambil bagian, diprediksi akan sama saat di Porprov Bali.

"Intinya kerja keras dalam persiapan. Tapi Itu bukan jaminan 100 persen meraih medali emas di Porprov. Intinya kan kerja keras dulu," tegas Gung Dedy.

Soal latihan, pihaknya saat ini rutin menggenjot para petarung selama empat kali dalam seminggu. Saat ini, yang menjadi titik berat latihan adalah fisik. Barulah, mulai awal Juni nanti mengarah ke teknik dan strategi.

Sedangkan soal  try out ke luar daerah, Gung Dedy menyebut hal itu sudah direncanakan, yakni di DKI Jakarta. Hanya saja, itu baru informasi awal. Sebab, persiapan Badung tahap demi tahap.

"Saat ini ini, fisik menjadi fokus Kodrat Badung, karena mengacu dari evaluasi selama ini, baik di latihan maupun kejuaraan, fisik perlu ditingkatkan," tegas Gung Dedy.

Kodrat Badung membidik tujuh emas untuk mempertahankan juara umum ketiga kalinya. Mereka mulai juara umum Porprov Bali XII/2015 di Buleleng, dan Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar. Di Tabanan, juga kembali menargetkan keluar sebagai juara umum.

Namun target juara umum Badung akan mendapat rival berat dari Gianyar dan Denpasar. Dua daerah ini dikenal juga sebagai penyuplai atlet Kodrat di Pra PON dan PON.*dek

Komentar