nusabali

Perencanaan Tabanan Peroleh Peringkat 3 Nasional

  • www.nusabali.com-perencanaan-tabanan-peroleh-peringkat-3-nasional

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 kepada Pemkab Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Penghargaan itu didapat karena Tabanan dinilai berprestasi dalam perencanaan sehingga meraih peringkat 3 nasional. Penghargaan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo, diterima Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya di Jakarta, Kamis (9/5). Hadir pula Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat pada tahun 2045. Asalkan setiap kementerian/lembaga serta daerah memiliki kemauan untuk berubah.

“Banyak tantangan yang harus diselesaikan dan dihadapi. Jangan dipikir kita biasa-biasa saja tanpa kerja keras kemudian masuk empat besar, lima besar ekonomi terkuat. Jika ingin maju dan menjadi nomor 5 dunia, daerah harus fokus pada pengembangan sektor infrastruktur,” tegasnya.

Sementara Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan penilaian kini lebih komprehensif. Karena tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga tentang pencapaian pembangunan daerah. Objek dan ruang lingkup penilaian juga mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan proses penyusunan RKPD. Selain itu juga mengenai pencapaian pelaksanaan dokumen rencana kerja pemerintah daerah dan inovasi yang dikembangkan, inovasi yang dimunculkan serta berkontribusi dalam realisasi kinerja di daerah.

Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja mengucapkan terima kasih kepada Wabup Sanjaya, Bupati Eka, dan seluruh jajaran di Pemkab Tabanan atas support yang diberikan selama tahap-tahap penilaian. “Terimakasih atas support dari semua pihak selama ini dan mohon maaf tidak mampu maksimal,” ucapnya.

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Tabanan. Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota, yakni Kota Semarang, Kota Denpasar, dan Kota Makassar. serta Kategori Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU adalah Kota Semarang. *des

Komentar