nusabali

Harga Bawang Merah Meningkat

  • www.nusabali.com-harga-bawang-merah-meningkat

Harga bawang merah mengalami kenaikan menyusul kenaikan harga bawang putih sejak Senin (15/4).

TABANAN, NusaBali
Harga bawang merah saat ini d ikisaran Rp 40.000 per kilogram untuk kualitas I, dan Rp 35.000 per kilogram untuk kualitas II.

Salah seorang pedagang di Pasar Kediri, Tabanan, Ni Made Rusmini mengatakan harga bawang merah naik dari harga jual Rp 30.000 per kilogram menjadi Rp 40.000 per kilogram. Naiknya harga bawang ini dikarenakan stok bawang dari pengepul berkurang. "Bawang biasa datang dari Bima, NTT. Kemungkinan karena panen di daerah penghasil kurang baik hingga stok di pengepul berkurang," ujarnya, Jumat (19/8).

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabanan, Primayani membenarkan jika harga bawang kini sedang naik. Dari pantauan di lapangan, harga bawang merah saat ini ada dikisaran Rp 40.000 perkilogram untuk kualitas I dan Rp 35.000 per kilogram untuk kualitas II. "Harga bawang merah ini naik sejak seminggu lalu dan cenderung stagnan di harga tersebut," akunya.

Tak hanya bawang merah, lanjut Primayani, kenaikan harga juga terjadi pada bawang putih. Kenaikan harga terjadi sejak Senin (15/4) lalu dimana harga awal untuk bawang putih kualitas 1 Rp 35.000 per kilogram menjadi 45.000 per kilogram dan bawang putih kualitas II naik dari harga Rp 30.000 menjadi Rp 40.000 per kilogram. "Harga bawang dikarenakan pasokan yang menurun akibat panen yang tidak bagus," tegasnya.

Kabid Peningkatan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Wayan Suandra mengatakan panen yang kurang baik adalah salah satu penyebab turunnya pasokan bawang. Jelas dia, dalam menjaga stabilitas harga bawang sekaligus dalam rangka swasembada bawang putih tahun 2021, pemerintah pusat mengeluarkan program hortikultura dimana salah satunya adalah bantuan penanaman bawang putih dan bawang merah. "Untuk tahun 2019 ini, Tabanan mendapatkan alokasi seluas 200 hektar untuk bawang putih," ungkapnya.

Selain itu, Tabanan juga mendapatkan bantuan untuk bawang merah seluas 25 hektare, cabai seluas 30 hektare dan Manggis 50 hektare. Untuk bawang putih sendiri dijadwalkan penanamannya pada Mei dan Juni 2019. "Daerah yang mendapatkan program ini adalah Kecamatan Baturiti, Penebel, dan Pupuan," tandasnya.*des

loading...

Komentar