nusabali

Gelombang Selat Lombok Setinggi 3 Meter

  • www.nusabali.com-gelombang-selat-lombok-setinggi-3-meter

Gelombang di Selat Lombok mencapai ketinggian hingga 3 meter. KSOP (Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan) Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, menyebut masih aman untuk bongkar muat di Pelabuhan Padangbai.

AMLAPURA, NusaBali

Begitu juga untuk aktivitas di dermaga rakyat Padangbai yang melayani bongkar muat kapal cepat dari Padangbai menuju Gili Trawangan, Lombok, NTB, berjalan lancar.

Eka Suyasmin mengungkapkan, berdasarkan ramalan Balai Besar Wilayah III BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Denpasar, kondisi selat Lombok bagian utara, hujan sedang, kecepatan angin 2-10 knots per jam, dan tinggi gelombang 0,5-2 meter. Sedangkan Selat Lombok bagian selatan, kondisi langit dan kecepatan angin sama, hanya tinggi gelombang berkisar 0,5-3 meter.

Meski terjadi gelombang hingga 3 meter, tidak berpengaruh hingga ke Pelabuhan Padangbai. “Di sini tidak ada ombak pantai, bongkar muat kapal lancar setiap satu jam. Begitu juga di dermaga rakyat Padangbai, berjalan normal,” ungkap Eka Suyasmin. Ia tetap mengingatkan para nakhoda kapal dan ABK (anak buah kapal) tetap waspada di selat Lombok karena cuaca bisa saja berubah-ubah.

Sedangkan arus penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai dan penumpang yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, nampak lengang. Sebanyak 36 kapal dioperasikan. Kapolsek Kompol I Wayan Suberata, bersama anggota tetap berjaga-jaga di tiga pos masing-masing. Di Pos I memeriksa setiap kendaraan dan identitas penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Pos II memeriksa penumpang dan dokumen kendaraan yang baru turun di Pelabuhan Padangbai. Sedangkan di Pos III memeriksa identitas penumpang yang jalan kaki, jika ketahuan ada penumpang tanpa KTP, dipulangkan. *k16

Komentar