nusabali

Diterjang Longsor, Panyengker Pura Dalem Jebol

  • www.nusabali.com-diterjang-longsor-panyengker-pura-dalem-jebol

Tembok panyengker Pura Dalem di Banjar Pakel, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem diterjang longsor, Senin (25/3) pukul 05.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Tembok panyengker pun jebol dan menimpa palinggih hingga retak. Bencana longsor juga terjadi di tikungan Banjar Lebu, Desa Lokasari, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Minggu (24/3) pukul 16.45 Wita.

Lokasi Pura Dalem di Banjar Pakel ada di ketinggian. Pondasi setinggi hingga 10 meter kemudian diuruk. Di atasnya kemudian dibangun palinggih. Akibat diguyur hujan, tanah ambles hingga tembok panyengker jebol. Bencana itu dilaporkan oleh Kelian Banjar Adat Babakan, Jro Mangku Srinu, ke petugas BPBD Karangasem. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Asmi Sukmawati, mengakui dapat laporan longsor menimpa tembok panyengker Pura Dalem di Banjar Adat Pakel.

Asmi Suksmawati mengakui masih berkoordinasi dengan pangempon pura dari Banjar Babakan. “Kalau materialnya menutupi akses jalan, kami lakukan penanganan,” katanya. Jika material longsoran tidak menutup akses jalan, masyarakat diminta melakukan penanganan secara swadaya. Terpisah, Bendesa Pakraman Gegelang, Kecamatan Manggis, Jro Mangku Ketut Arta, mengatakan lokasi longsor di belakang Pura Dalem di Banjar Pakel tetapi pangemponnya dari Banjar Babakan. “Tidak ada akses jalan untuk umum yang tertutup material longsor. Hanya akses jalan menuju Pura Dalem,” terangnya.

Sedangkan longsor di tikungan Banjar Lebu, Desa Lokasari, sempat menutupi sebagain badan jalan. Petugas BPBD telah melakukan penanganan pada Minggu (24/3) sore. Sehingga arus lalulintas tidak terganggu. Beruntung saat longsor arus lalulintas yang menghubungkan Desa Lokasari Kecamatan Sidemen menuju Klungkung sepi. *k16

Komentar