nusabali

Desa Pakraman Bratan Samayaji Gelar Upacara Ngubeng

  • www.nusabali.com-desa-pakraman-bratan-samayaji-gelar-upacara-ngubeng

Jadi Rangkaian Melasti dan Hanya Dilakukan di Palinggih Beji

Rangkaian Beda, Filosofi Sama
MESKI rangkaiannya berbeda dengan melasti pada umumnya, Benny menyebut jika melasti ala desa Pakraman Bratan Samayaji dari segi makna dan filosofi tak memiliki perbedaan dengan melasti pada umumnya. Benny menyebutkan makna atau filosifisnya untuk melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci untuk kehidupan.

Sementara itu prosesi melasti di Beji pernah dialihkan oleh krama desa setempat, dari awalnya sebelum Nyepi menjadi setelah Nyepi berbarengan dengan melasti Desa Pakraman Buleleng. Krama desa pun sempat mengikutkan pajenengan Pura Desa Bratan Samayaji melasti ke Segara.

Hanya saat itu disebut Benny ada sebuah kendala yang akhirnya memaksa krama kembali melaksanakan melasti di Beji. “Dulu sempat pernah mau ikut melasti ke segara tapi kemudian kata leluhur kami Ida sesuhunan disini tak berkenan, sehingga dikembalikan lagi, melasti hanya di Beji,” imbuh Benny.

Pratima Rambut Sedana kemudian akan kembali distanakan di gedong simpen pada sore hari oleh krama desa, sebelum esok harinya dilaksanakan Catur Brata Panyepian saat sipeng.*k23

Komentar