nusabali

Bali Bidik 2 Juta Turis Eropa

  • www.nusabali.com-bali-bidik-2-juta-turis-eropa

Ajang ITB Berlin dijadikan ajang untuk menggaet turis dan kerjasama dengan pelaku pariwisata Eropa.

ITB Berlin Jadi Ajang Promosi Wisata

DENPASAR, NusaBali
Bali menargetkan mampu menggaet 2 juta wisatawan Eropa tahun 2019.  Target tersebut bertambah sekitar 500 ribuan wisman dari capaian wisman Eropa tahun 2018, yang berkisar 1,5 juta wisman. Promosi langsung dan kontrak antara industri (contract trade) lewat beberapa event pariwisata dunia di antaranya ITB Berlin pada 6,7 dan 8 Maret diharapkan bisa menggenjot kunjungan wisatawan dari ‘benua biru’ Eropa.

Wakil Ketua BPD PHRI Badi I Gusti Agung Rai Suryawijaya, mengatakan Minggu (3/3). “Jelas jumlah wisatawan dalam hal ini wisman Eropa juga harus terus bisa kita tingkatkan jumlah,” ucap Rai Suryawijaya.

Sebagai salah satu pasar tradisional Indonesia, khususnya Bali, jumlah pelancong Eropa masih berpeluang besar untuk digenjot tingkat kunjungannya. Karena faktanya, Eropa merupakan kawasan luas dengan negara-negara yang tingkat pendapatan dan perekonomian maju. Dan kecenderungan dari warganya banyak yang suka pelesiran.

Usaha peningkatan kunjungan wisman itu, kata  Rai Suryawijaya, sudah dilakukan pihak terkait, di antaranya  penerbangan langsung London- Denpasar oleh maskapai Garuda Indonesia. “Di pihak industri tentu juga melakukannnya,” jelasnya.

Salah satunya adalah lewat sales mission di salah satu pameran dagang wisata terbesar dunia yakni Internationale Tourismus-Borse Berlin/ITB Berlin, pada 6 -8 Maret. Sebelumnya diawali dengan pra event di Swiss. “Kita berupaya supaya ada contract trade nanti di Swiss,” kata Rai Suryawijaya, yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung.

Swiss sendiri, kata Rai Suryawijaya sebagaimana diketahui merupakan negara maju di Eropa, dengan potensi besar wisatawan. Makanya, pra event digelar di Swiss. Rai Suryawijaya, sales mission ke ITB Berlin difasilitasi Pemkab Badung. Adapun stakeholder yang ikut sell mission selain BPPD adalah Indonesian Ganeral Manager Assosiation (IGMA), Bali Hotel Assosiation (BHA) dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadiparda) Badung I Wayan Badra, menyatakan Badung hanya menyertakan pihak industri. Sedang dari unsur pemerintah tidak disertakan. “Memang ditegaskan Pak Bupati demikian. Kita di pemerintah diminta konsentrasi untuk pembenahan. Seperti desa wisata yang masih banyak perlu kita benahi,” kata Badra. *k17

Komentar