nusabali

YKI Gianyar Siapkan 5.646 Vaksin HPV

  • www.nusabali.com-yki-gianyar-siapkan-5646-vaksin-hpv

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar untuk tahun 2019 siapkan 5.646 vial vaksin Human Papilloma Virus (HVP) untuk wanita usia subur dan siswi SMP.

GIANYAR, NusaBali
Total sasaran 3.737 warga, yang 2.823 orang di antaranya pelajar. Ketua YKI Cabang Gianyar Ny Adnyani Mahayastra mengatakan, vaksinasi untuk pencegahan kanker servik ini gratis. Seperti dilakukan Senin (25/2) di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN, Sekretariat PKK Kabupaten Gianyar. Pemberian imunisasi HPV bagi siswi ini merupakan program rutin YKI Cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dalam upaya pencegahan kanker serviks. Imunisasi HVP ini untuk anak SMP putri kelas VII dan wanita usia subur dengan faktor resiko kanker. Imunisasi ini telah dimulai sejak tahun 2015. “Tahun 2018, nihil kasus baru penderita kanker serviks. Ke depannya kami akan terus berusaha, tidak hanya sebatas kanker serviks, namun juga untuk jenis kanker lain,” tegas Ny Adnyani Mahayastra.

Istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini mengingatkan kepada seluruh siswi terus menerapkan pola hidup sehat. Jaga kebersihan diri, makan makanan yang sehat dan hindari perilaku tidak sehat, seperti merokok dan lain-lainnya.

Salah seorang siswi kelas VII SMPN 1 Gianyar, Gita Sasmita Amandari mengaku senang dengan imunisasi gratis ini. Karena harga vaksin cukup mahal. Siswi asal Banjar Kesian, Desa Lebih, Gianyar ini mengaku paham bahaya kanker serviks. Ia dan teman-temannya sering mendapat sosialisasi bahaya kanker serviks di sekolah.

Sekretaris YKI Cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa SKM MKes menambahkan, tahun 2019 sasaran imunisasi HPV di Gianyar untuk wanita usia subur 3.737 orang dan 2.823 siswa. Vaksin yang disediakan 5.646 vial. Imunisasi dua kali, dan diulang enam bulan berikutnya. Untuk keluarga berisiko kanker diberikan tiga  kali dengan diulang tiap tiga bulan sekali.

Imunisasi HPV untuk siswi SMPN 1 Gianyar dipusatkan di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN di Sekretariat PKK Gianyar. Untuk siswi SMPN lainnya diimunisasi serentak dengan pola jemput bola ke sekolah-sekolah, melibatkan Puskesmas.*nvi

Komentar