nusabali

Bupati Suwirta Percepat Bangun Pelabuhan Segitiga Emas

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-percepat-bangun-pelabuhan-segitiga-emas

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima jajaran PT Martha Catur Kencana, Denpasar, rekanan yang siap bekerjasama membangun pelabuhan segitiga emas, Sampalan (Nusa Penida), Bias Munjul (Nusa Ceningan) dan Pasinggahan (Klungkung daratan), di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Senin (25/2).

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati didampingi Kasi Pelabuhan Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Ketut Karasdana.  Menurut Bupati Suwirta, salah satu pelabuhan segitiga emas yang tengah dirancang, paling tidak tahun 2020, yang sudah siap dibangun yakni pelabuhan Sampalan (Nusa Penida).

Bupati tidak mau berlama-lama terkait rencana pembangunan pelabuhan ini. Selain itu, Bupati asal Nusa Ceningan ini juga menyampaikan untuk pelabuhan di Bias Munjul (Nusa Ceningan) tinggal menunggu master plan, dan pelabuhan Pasinggahan (Klungkung daratan) masih tahap studi kelayakan. Jika tahun 2020 tidak mendapat bantuan dari pemerintah pusat, maka akan mengambil langkah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mempercepat minimal tahun 2020 pelabuhaan yang sudah siap dibangun yakni pelabuhan Sampalan. “Kami akan mempersatukan semua stakeholder untuk penggelolaan, transportasi laut maupun daratnya agar terkoneksi menjadi satu,” harapnya.

Setelah pembangunan pelabuhan Sampalan, ke depan juga akan dibangun jembatan yang kapasitasnya lebih besar dari jembatan penghubung Nusa Ceningan – Lembongan atau Jembatan Kuning. Nantinya jembatan ini bisa dilewati transportasi mobil dan mengantisipsi kemacetan mengingat sekarang wisatawan sangat ramai ke Nusa Penida. *wan

Komentar