nusabali

'Pertama Ketemu', Naya Suguhkan Pop Modern Berbahasa Bali

  • www.nusabali.com-pertama-ketemu-naya-suguhkan-pop-modern-berbahasa-bali

Penyanyi muda berbakat asal Tabanan, I Gede Arthanaya, boleh dibilang berbeda. Ia membawakan genre pop modern namun dalam lirik berbahasa Bali.

DENPASAR, NusaBali

Suasana yang dihadirkan ini cukup berbeda dan menjadi pewarna di blantika musik pop Bali. Buat pertama kali, pria yang akrab disapa Naya ini merilis lagu berbahasa Bali dengan judul ‘Pertama Ketemu’ melalui platform Youtube. Liriknya yang sederhana dan konsep musik yang kekinian menjadikan single ini easy listening. Inilah langkah besar Naya mengawali karir di blantika musik Bali.

“Single ini jadi awal perkenalan saya di musik Bali. Sebelumnya saya pernah punya band pensi sekolah dan sering ikut kompetisi menyanyi solo. Terakhir saya ikut mengisi dalam album bapak Rektor IKIP PGRI Bali,” terang alumnus Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah IKIP PGRI Bali ini.

Alasan Naya memilih lagu pop Bali cukup sederhana. Ia sebagai orang Bali dan sekaligus penyuluh bahasa Bali, tentu memiliki dorongan dari dalam diri untuk melestarikan bahasa Bali. “Saya ingin melestarikan bahasa Bali khususnya dalam bidang seni dan musik. Kebetulan juga saya saat ini sebagai penyuluh bahasa Bali di Dinas Pendidikan Provinsi Bali,” ungkapnya.

Pria kelahiran 26 Juni 1991 ini mengungkapkan, pembuatan lagu hingga penggarapan terbiang cukup singkat. Single Pertama Ketemu mengisahkan seorang pemuda yang jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu seorang gadis cantik. Konon, ini merupakan pengalaman pribadi Naya. “Kebetulan ini kisah tiang dengan istri,” tuturnya.

Single ini sebenarnya telah rilis pada Juni 2018. Namun video klipnya baru dirampungkan tahun ini. Video klipnya kini bisa dinikmati secara luas lewat youtube. Naya berharap lagu ini bisa diterima oleh pendengar musik pop Bali dan sekaligus memberikan sentuhan baru dalam blantika musik Bali.

Meski terbilang pendatang baru, namun Naya sendiri berhasil masuk menjadi nominator di ajang Anugerah Musik Bali sebagai pendatang baru terbaik. Namun di bidang olah vokal, sebenarnya sudah lama ia ikut berbagai kompetisi menyanyi solo maupun band. Salah satunya Bintang Radio Indonesia, dan juara III Nasional Lomba Menyanyi Mahasiswa IKIP Nasional di Semarang.*ind

loading...

Komentar