nusabali

Dinas PU Padatkan Jalan di Lokasi Longsor

  • www.nusabali.com-dinas-pu-padatkan-jalan-di-lokasi-longsor

Dinas Pekerjaan Umum Bangli mulai melakukan pemadatan jalan yang sempat tertimbun material longsor di Desa Buahan-Desa Abang Batu Dingding-Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu (23/1).

BANGLI, NusaBali
Pemadatan melibatkan warga setempat untuk menutupi jalan rusak akibat tertimbun tanah dan batu berukuan besar. Pemadatan menggunakan limba sertu.

Sekretaris Dinas PU Bangli, I Made Soma, mengatakan jalan yang berlumpur menyulitkan warga untuk melintas sehingga perlu pemadatan. Pemadatan menggunakan limbah sertu (tanah, pasir, batu). Jalan yang rusak pasca longsor panjangnya 70 meter. “Dinas PU menurunkan satu unit wales,” ungkap Soma. Dikatakan, untuk pemadatan memerlukan 10 truk sertu. Sertu diambil di wilayah Banjar Tabu Desa Songan Kecamatan Kintamani.

Soma mengatakan, pengaspalan dilakukan jika jalur sudah kering. Ditambahkan, di jalur tersebut juga akan dibuat dinding penahan tanah (DPT) untuk menghindari terjadinya ambrol. “Material longsor yang ada di pinggir danau nantinya akan disender sehingga badan jalan lebih kuat,” jelasnya. Pembuatan DPT dan pengaspalan dananya diambil dari anggaran rutin sekitar Rp 200 juta. “Dengan ada pemadatan ini kendaraan lebih mudah melintas. Warga harus tetap hati-hati melintas di jalur tersebut karena masih ada bongkahan batu besar di tebing,” ungkapnya. *es

Komentar