nusabali

Duduk di Bidang Pariwisata, Mas Sumatri Siapkan Promosi

  • www.nusabali.com-duduk-di-bidang-pariwisata-mas-sumatri-siapkan-promosi

Selain IGA Mas Sumatri, Bupati yang juga duduk di kepengurusan Apkasi masing-masing Putu Eka Wiryastuti, Nyoman Giri Prasta, Putu Agus Suradnyana, Putu Artha, dan AA Gde Agung Bharata.

Enam Bupati dari Bali Dikukuhkan Mendagri sebagai Pengurus Apkasi

JAKARTA, NusaBali
Meski baru tiga bulan menjabat sebagai Bupati Karangasem 2016-2021 sejak dilantik, 17 Februari 2016 lalu, I Gusti Ayu Mas Sumatri dipercaya masuk dalam jajaran pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Srikandi Politik asal Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Karangasem ini duduk di Bidang Budaya dan Pariwisata Apkasi.

Kepengurusan Apkasi yang baru terbentuk di mana Bupati IGA Mas Sumatri masuk di dalamnya ini telah dikukuhkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Hall D JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/5) lalu. Pengukuhan juga disasksaikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jabatan Ketua Umum Apkasi dipegang Mardani H Maming (Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan), didampingi 6 Wakil Ketua Umum. Sedangkan posisi Sekjen Apkasi dipegang HM Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng), didampingi 4 Wakil Sekjen. 

Khusus dari Bali, ada 5 Bupati lagi yang duduk di kepengurusan Apkasi, selain IGA Mas Sumatri. Mereka masing-masing NMi Putu Eka Wiryastuti (Bupati Tabanan), I Nyoman Giri Prasta (Bupati Badung), I Putu Artha (Bupati Jembrana), Putu Agus Suradnyana (Bupati Buleleng), dan AA Gde Agung Bharata (Bupati Gianyar).

Putu Eka Wiryastuti (Bupati Tabanan yang diusung PDIP) duduk di Bidang Kerjasama Antar Lembaga Apkasi. Sedangkan Nyoman Giri Prasta (Bupati Badung yang diusung PDIP) menjadi Kordinator Wilayah (Korwil) Bali Apkasi. Sementara Putu Agus Suradnyana (Bupati Buleleng yang diusung PDIP) menjadi Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan UKM Apkasi. Sebaliknya, AA Gde Agung Bharata (Bupati Gianyar yang diusung PDIP) menjadi Sekretaris Bidang Kerjasama Antar Daerah Apkasi. Putu Artha (Bupati Jembrana yang diusung PDIP) duduk di Bidang Humas dan Promosi Daerah Apkasi.

IGA Mas Sumatri (Bupati Karangasem yang diusung NasDem-Hanura-PKPI-Demokrat) khusus membidangi masalah Budaya dan Pariwisata Apkasi. Mas Sumatri pegang posisi tersebut bersama 5 Bupati dari daerah lainnya di tanah air. “Ya, saya duduk di Bidang Budaya dan Pariwisata dalam kepengurusan Apkasi,” ujar Mas Sumatri kepada NusaBali seusai acara pengukuhan di Stand Pameran Kabupaten Karangasem di JIEXPO Kemayoran, Kamis lalu.

Mendapat kepercayaan tersebut, Mas Sumatri mengaku tidak terbebani. Mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Karangasem 2009-2014 ini pun siap menjalankan tugas tersebut. Menurut Mas Sumatri, sebagai insan manusia, seseorang perlu menjalankan Tri Hita Karana (hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam dan lingkungan sekitar, serta hubungan manusia dengan Tuhan).

Karena itu, kepercayaan yang diberikan kepadanya di Bidang Budaya dan Pariwisata Apkasi, patut disyukuri. Mas Sumatri bersama ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota lainnya di Bidang Budaya dan Pariwisata Apkasi telah memiliki sejumlah agenda untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Indonesia, termasuk ke Karangasem.

“Kami akan bersama-sama dan bahu membahu meningkatkan kunjungan pariwisata ke daerah-daerah di Indonesia, khususnya ke Karangasem, dengan gencar melakukan promosi. Apalagi, pariwisata di Karangasem juga sangat potensial. Saya akan melibatkan dan merangkul pihak-pihak terkait, karena ini tanggung jawab bersama,” jelas Bupati Perempuan Pertama di Karangasem ini.

Bagi Mas Sumatri, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Karangasem sangat penting, karena Gumi Lahar merupakan daerah termiskin di Bali, tapi punya potensi wisata luar biasa. Di Karangasem ada laut, pegunungan, dan objek wisata lainn ya yang bisa menarik wisatawan datang.

“Daerah kami notabene kekurangan air, tapi memiliki sumber mata air yang luar biasa. Ini dapat menjadi potensi wisata air yang dapat menarik wisatawan, sehingga masyarakat Karangasem bisa lebih baik lagi. Ini juga sesuai dengan visi dan misi saya agar masyarakat Karangasem cerdas, bersih, dan bermartabat,” tegas istri dari pengusaha konstruksi I Gusti Made Tusan ini.

Sementara itu, seusai acara pengukuhan kepengurusan Apkasi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Kamis lalu, Bupati Mas Sumantri menyempatkan diri mampir ke stand Kabupaten Karangasem yang mengikuti Apkasi International Trade and Investment  Summit. Di stand Karangasem ini, Bupati Mas Sumatri sempat berbincang dengan perajin songket dan endek, I Wayan Suartana, serta perajin perak I Wayan Astawa. 

Kedua perajin dari Karangasem ini sangat senang dengan kehadiran sang Bupati. Mereka juga berharap Bupati Mas Sumatri memberikan perhatian lebih kepada perajin kecil. “Perhatian itu, baik dari segi advokasi, tenaga kerja, maupun permodalan,” harap Wayan Astawa. 7 k22

Komentar