nusabali

KESEHATAN : Bawang Putih Berkhasiat

  • www.nusabali.com-kesehatan-bawang-putih-berkhasiat

Bawang putih adalah antioksidan. Dan bawang putih seakan tak bisa dilepaskan dari masakan Indonesia.

Bumbu dapur ini selalu jadi penyedap dan pelengkap rasa dalam banyak makanan. Bukan hanya sekadar penyedap dengan aroma yang kuat, bawang putih ternyata juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bawang putih sebenarnya sudah digunakan sejak zaman sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina. Alih-alih sebagai bumbu makanan, kegunaan utama bawang putih adalah sebagai obat. Khasiat bawang putih ini datang dari senyawa sulfur yang muncul saat bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Senyawa ini masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dan memberikan efek biologis yang kuat.

Berdasarkan data dari Health Line, setiap satu ons bawang putih mengandung mangan sebesar 23 persen dari angka kecukupan gizi (AKG), vitamin B6 17 persen dari AKG, vitamin C 15 persen dari AKG, selenium 6 persen dari AKG, dan serat 0,6 gram. Selain itu, bawang putih juga mengandung kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1. Nutrisi yang tinggi dari bawang putih ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat kesehatan dari bawang putih.
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang putih dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi berbagai jenis  penyakit. Penelitian menunjukkan mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Studi lain juga menemukan bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 persen.

2. Mengurangi tekanan darah
Studi menunjukkan konsumsi bawang putih juga memiliki efek signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi. Ekstrak bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selam 24 minggu. Jumlah yang dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini setara dengan empat siung bawang putih setiap hari.

3. Mengurangi kolesterol
Bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-15 persen. Penelitian menemukan bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL tapi tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL. Hal ini membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Alzheimer
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab penuaan. Bawang putih terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

5. Mendetoks tubuh
Senyawa sulfur dalam bawang putih terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat.  Studi mendapati bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Hal ini dapat mengurangi sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

6. Membantu mengobati jerawat
Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Kendati bgegitu  tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.   

7. Meningkatkan kesehatan jantung
Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.   

8. Mencegah pembekuan darah
Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.   

9. Mencegah kanker
Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.   

10. Membantu melawan infeksi
Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.   

11. Mengobati masalah tenggorokan
Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika mengalami gatal pada tenggorokan, kunyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.   

12. Mengurangi tingkat gula darah
Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.   

13. Mengobati sakit gigi
Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, letakkan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit. *

loading...

Komentar